wisata alam di aceh besar

1001 Destinasi Wisata Alam di Aceh Besar. Kamu mau ke mana? Biar diantar!

Siapa yang belum pernah menikmati wisata alam di Aceh Besar? Barangkali Ezytraveler sempat mengurungkan niat ke Aceh, karena isu yang berkembang selama ini bahwa Aceh adalah area konflik, kacau-balau, banyak ancaman, terikat aturan, bla.. bla.. bla dan sejuta stigma negatif lainnya. Ketahuilah bahwa semua itu hanya hoax. Setelah perjanjian damai pada 2004 silam, kabar buruk apapun yang tersebar dari Aceh ke luar, itu hanyalah igauan. Jangan sampai Ezytraveler kehilangan kesempatan menikmati serangkaian wisata di Aceh hanya karena ancaman yang tak mendasar. Datanglah! saksikan Aceh yang ramah, meriah, riang dan ceria.

Lihat sungai terindah di Aceh Tengah: Krueng Peusangan

Apa saja yang bisa Ezytraveler dapati di  Aceh? Banyak sekali!  Dari segala sisi, Aceh unggul. Sisi budayanya, ada seribu satu adat istiadat. Meskipun dekat, namun adat suatu daerah dengan lainnya berbeda. Ada puluhan bahasa lokal, selain bahasa Aceh itu sendiri. Aceh selatan dengan Bahasa Jame, Aceh Tengah dengan Bahasa Gayo, Simeulu, Subulussalam, begitu beragam. Selain itu, wisata alam di Aceh Besar pun tak kalah banyak. Setidaknya berikut beberapa yang menjadi pusat perhatian.

  1. Pantai

Di Aceh Besar, Ezytraveler boleh pilih, pantai bagaimana yang hendak dikunjungi. Pantai pasir putih dengan debur ombak yang tinggi, cocok untuk surfing, ada! Sila berkunjung ke Pantai di Tebing Lampuuk, Lhoknga. Hanya berkisar 17 kilometer ke Arah Barat, dari Kota Banda Aceh. Menikmati senja di sini juga sangat menakjubkan. Atau, mau pantai yang airnya tenang, sejuk, teduh, cocok untuk anak-anak mandi, ada juga! Sila ke Pantai Pulau Kapuk. Sore-sore di sini sangat asik. Saya baru minggu kemarin ke sini. Berlibur bersama keluarga.

wisata alam di aceh besar

Pantai Pulau Kapuk yang cocok untuk anak-anak

 

Selain itu, ada juga pantai eksotis dengan pemandangan laut dihadang jejaran pulau. Airnya jernih. Pasirnya putih dan banyak pecahan karang. Untuk menyaksikan keindahan pantai ini, terlebih dahulu kita menikmati serunya satu jam hiking di Bukit Ujong Pancu, Peukan Bada. Benar! Pantai Lhok Mata Ie. Pemandangan di sana, beuh! Meleleh, hilang lelah. Nggak percaya? Datang saja. Sengaja tidak saya lampirkan foto, biar tambah penasaran. Biar tambah besar kejutan.

  1. Sungai (Ngarai)

Tidak hanya pantai, sungai juga menjadi salah satu destinasi wisata alam di Aceh Besar. Arusnya yang tidak deras dan bebatuan yang tersusun acak secara alamiah, sangat menggugah decak kagum. Kita dapat merasakan sejuk dan beningnya air sungai memanjakan kulit, saat kita berendam. Ditambah pemandangan di tepiannya yang sarat dengan pepohonan rindang. Nah, di mana saja sungai indah ini dapat kita temui? Banyak! Misalnya: Beurayeun, Lamsujeen, Krueng Jantho, Krueng Jreu. Sarah, dll.

 

wisata alam di aceh besar

Ngarai Pucok Krueng. Luar biasa indahnya

 

Kita ambil saja satu sampel untuk ditampilkan di sini, yakni Pucok Krueng. Hulu sungai di Lhoknga yang keindahannya bikin mulut saya lama terbuka, saking takjubnya. Airnya sejuk berwarna hijau. Arusnya pelan, meliuk-liuk menuju laut. Hulu sungai ini disekat oleh tebing batu yang terjal. Pepohonan rindang menjadi rumah bagi satwa-satwa hutan semisal burung, monyet dan sebagainya. Saya tidak mampu mendeskripsikan lebih baik lagi, keindahan sebenarnya akan Anda lihat saat berada di sana.

  1. Air Terjun

 

wisata alam di aceh besar

Wisatawan menikmati mandi di Air Terjun Pudeng

 

Di Aceh Besar, ketersediaan air terjun pun tak kalah banyak. Dapat memenuhi jahat Anda untuk wisata alam di Aceh Besar, sepuasnya. Ada Air Terjun Suhom di Lhong, Aceh Besar. Jaraknya berkisar 25 Km dari pusat kota Banda Aceh, ke Arah Barat. Setelah melewati Gunung Paro dan Gunung Kulu, sebelum berjumpa Gurute. Selain itu, ada air terjun Pudeng, di kecamatan Lhong juga. Pemandangannya masih sangat perawan. Belum terlalu ramai diketahui wisatawan. Sesekali coba deh, kesana. Pasti betah lama-lama.

Ada juga Air Terjun Peucari di Belantara Kota Jantho. Jantho merupakan ibukota Kabupaten Aceh Besar. Meskipun letaknya sangat jauh dari kemukiman penduduk, air terjun ini kerap diincar pengunjung. Keindahannya membuat Peucari dicari oleh wisatawan. Meskipun curahnya tidak terlalu tinggi, namun Air Terjun Peucari memiliki sisi keunikan tersendiri. Terdiri dari beberapa tingkat, bagai anak tangga, membuat Peucari begitu sedap dipandang mata. Bagaimana? Ke sana kita?

  1. Bukit

 

wisata alam di aceh besar

Menuju Puncak Jalin, Jantho

 

Wisata alam di Aceh Besar memang nggak ada habisnya. Puas dengan bermain air, kita juga bisa guling-guling di padang gembala. Menikmati sejuknya udara dari perbukitan, menjejaki puncak gunung. Semisal Bukit Jalin di Jantho. Bagi pecinta hiking, berusaha untuk menaklukan Puncak Jalin sangat menarik, tentunya. Hamparan bukit yang hijau ranau, dipayungi langit biru. Sambil merentangkan tangan, rasakanlah desis angin memelukmu. Hehehe

  1. Sawah

 

wisata alam di aceh besar

Blang Gani. Hamparan sawah nan hijau di Aceh Besar.

 

Bahkan hamparan sawah pun begitu indah. Baik saat musim tanam maupun panen. Bentangannya yang luas, sejauh mata memandang diwarnai oleh hijau ranau berpadu birunya langit. How wonderful! Saya rasa Blang Indrapuri adalah lahan persawahan terindah di Aceh Besar. Bila melewati jalan Banda Aceh – Medan, setiba di Indrapuri, kita benar-benar disuguhkan pemandangan yang sangat menawan. Tidak hanya itu, lahan persawahan di Lambaro juga tak kalah indah. Saat melintasi jalan dari Bandara Sultan Iskandar Muda menuju Kota Banda Aceh, Ezytraveler akan melewati Blang Gani. Take this one first, before else. More!

 

wisata alam di aceh besar

Bahkan, kebun di belakang rumah pun tak kalah indahnya.

 

Mau jalan-jalan? Temukan berbagai pilihannya di sini: Hotel di Aceh, Promo tiket , dan Buat paspor online 

 

Itu hanya seperseribu dari keseluruhan destinasi wisata alam di Aceh Besar. Jadi, jangan lewatkan kesempatan menyaksikan Aceh sebenarnya, hanya karena desas-desus yang tidak benar. Aceh indah, ramah, riang gembira. Bahkan kebun di belakang rumah pun cocok dijadikan tempat wisata, saking indah alamnya. Kalau soal transportasi, jangan risau. Sudah ada jasa antar jemput yang bisa diakses online. Instal saja aplikasi HO-JAK dari playstore di ponselmu. Diantar ke mana saja, dengan angkutan apa saja, boleh!



About

Muslimah. Gemar membaca dan menulis. Pegiat di Forum Lingkar Pena dan Gaminong Blogger. Kontributor beberapa media. Berkicau di @ainiazizbm, IG @ainiazizbeumeutuwah. Kunjungi saya di https://www.ainiaziz.com/


'1001 Destinasi Wisata Alam di Aceh Besar. Kamu mau ke mana? Biar diantar!' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool