5 Masjid Besar di Aceh yang Bisa Kamu Jadikan Lokasi Salat Ied

Di bulan Ramadan ini, ada banyak hal yang dapat kamu lakukan. Selain menyiapkan menu berbuka, di bulan mulia ini kamu juga harus mampu meningkatkan amal ibadahmu. Ada banyak caranya, selain berpuasa dengan giat dan bersedekah, kamu juga harus mendirikan salat tepat waktu. Nah, berbicara shalat, nggak salahnya kamu mengupdate informasi tentang masjid besar di Aceh yang dapat dijadikan lokasi untuk salat tarawih atau salat idul fitri.

 

  1. Masjid Raya Baiturahman

Masjid Raya Baiturahman merupakan salah satu masjid besar di Aceh. Posisinya tepat berada di jantung kota Banda Aceh. Letaknya yang strategis menjadikan masjid ini dipenuhi wisatawan setiap harinya. Terlebih lagi arsitekturnya sangat menarik bergaya Eropa dan Timur Tengah. Dan saat ini, Masjid Raya Baiturahman telah berganti rupa. Masjid yang dulunya hanya mampu menampuh 9.000 jamaah, kini telah mengalami pembangunan yang luar biasa. Halaman masjid telah dilapisi marmer Italia dan dipayungi 12 payung eletrik. Sehingga daya tampung masjid pun bertambah menjadi 24.000 jamaah.

Melaksanakan shalat Ied di sini pun lumayan seru. Selain suara imam yang mendayu merdu, jamaah pun meluber hingga ke luar masjid. Makanya nggak heran, banyak yang mengabadikan membludaknya jamaah dengan kamera sebab viewnya begitu indah.

 

masjid besar di Aceh

Suasana shalat Ied di Masjid Raya Baiturrahman (sumber: www[dot]siloka[dot]com

 

  1. Islamic Center Lhokseumawe

Masjid besar di Aceh yang kedua adalah Masjid Agung Islamic Center Lhokseumawe. Masjid agung ini berada tepat di jantung kota Lhokseumawe. Bangunannya besar dan kokoh dengan kubah berundak-undak. Masjid ini memang belum rampung sempurna, tetapi kemegahannya mulai terlihat kentara. Menurut informasi, jika bangunan Islamic Center ini selesai, maka akan tersedia berbagai fasilitas yang memanjakan jamaah. Ditargetkan ada beberapa fasilitas penunjang, seperti perpustakaan, gedung serba guna, madrasah diniyah, museum dan rumoh Aceh, wisma tamu, kios souvenir, Taman Pengajian Alquran, hingga rumah imam besar. Masjid ini terdiri dari tiga lantai yang mampu menampung sekitar 9.000 jamaah.

 

masjid besar di Aceh

Islamic Centre Lhokseumawe (sumber: www [dot] skyscrapercity [dot] com)

 

 

  1. Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh

Masjid Agung Baitul Makmur termasuk masjid besar di lintasan barat-selatan Aceh. Masjid ini berada di Meulaboh, Aceh Barat. Letaknya pun terbilang strategis berada di persimpangan antar kabupaten. Bangunannya unik dengan bangunan utama tiga kubah yang diapit oleh menara kecil. Selain itu, warna kubah dan bangunan sangat mencolok sehingga menjadi ciri khas masjid yang dibangun pada tahun awal tahun 1990an ini. Arsitektur masjid ini mengusung konsep Timur Tengah, Asia, dan Aceh. Masjid besar di Aceh ini mampu menampung sekitar 7.000 jamaah dan termasuk dalam daftar 100 masjid terindah di Indonesia. Nah, bagi kamu yang sedang berada di kawasan barat Aceh, nggak salahnya untuk melaksanakan salat tarawih atau salat ied di tempat ini.

 

masjid besar di Aceh

Masjid Agung – Bai Ruindra

 

  1. Masjid Agung At-Taqwa, Kutacane

Nah, ini dia masjid yang sedang happening banget di Aceh,Masjid Agung At-Taqwa! Masjid ini berada di Kutacane, Aceh Tenggara yang berdekatan dengan provinsi Sumatera Utara. Sebenarnya masjid ini telah ada sejak masa penjajahan Belanda, tetapi pada tahun 2009 silam, masjid dibangun ulang dengan desain berbeda. Masjid dibangun lebih tinggi dan megah serta dengan kubah besar layaknya masjid di masa Dinasti Usmaniyah Turki. Selain mengusung gaya Eropa dan Aceh, masjid ini juga bertema minimalis yang menjadi ciri khasnya.

Selain bentuk bangunannya yang megah, interior masjidnya juga tidak kalah menarik. Di dinding masjid bagian dalam, terdapat interior yang menyajikan kaligrafi berwarna emas. Kesan mewah pun terasa dari lantai dan dindingnya yang berwarna gelap. Masjid Agung At Taqwa termasuk masjid besar di Aceh yang berdiri di lahan seluas 1,5 hektar. Masjid ini juga mampu menampung 4.000 jamaah dan dirancang tahan terhadap gempa bumi.

 

masjid besar di Aceh

Masjid At-Taqwa, Kutacane, Aceh Tenggara (Sumber: www.pikiranmerdeka.co)

 

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Cari hotel murah dari sekarang, ambil promo diskon dan temukan tips liburan keren.

 

  1. Masjid Ruhama Takengon, Aceh Tengah

Nah, masjid besar di Aceh terakhir adalah Masjid Ruhama di Takengon, Aceh Tengah. Masjid ini berada tepat di jantung kota Takengon yang dingin. Ia seakan berada di tengah ceruk yang dikelilingi perbukitan hijau. Masjid ini dibangun pada tahun 1969 di tanah wakaf seluas 1.250 persegi. Berbagai kegiatan keagamaan dan sosial berlangsung di masjid yang mampu menampung 2.000 jamaah ini.

 

masjid besar di Aceh

Masjid Raya Takengon ini terletak di tengah kota Takengon

 

Nah, itu dia masjid besar di Aceh yang bisa kamu jadikan lokasi salah tarawih dan salat ied nanti.

 



About

Hobi menulis. Tukang koleksi buku. Penulis serial “Teller Sampai Teler” (Elexmedia 2014). Follow twitter @ferhatmuchtar
email; ferhattferhat@gmail.com
Baca tulisan lainnya di www.ferhatt.com (kunjungi yaa)


'5 Masjid Besar di Aceh yang Bisa Kamu Jadikan Lokasi Salat Ied' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool