5 Masjid yang Wajib dikunjungi di Kota Banda Aceh

Selain memiliki banyak warung kopi, kota Banda Aceh juga dikenal dengan kota seribu Masjid, karena banyaknya tempat ibadah yang tersebar diseluruh koat Banda Aceh. Baik dengan skala besar seperti masjid, maupun dengan level yang lebih rendah seperti meunasah/ mushalla.

Masjid di dalam budaya masyarakat Aceh tidak hanya mewakili simbol-simbol keagamaan, namun juga merupakan pusat dari kebudayaan. Hampir di setiap kota di Propinsi Aceh menjadikan Masjid sebagai pusat kota dan juga pusat dari kegiatan masyarakat. Begitu juga halnya dengan Kota Banda Aceh yang menjadi ibukota dari Propinsi Aceh.

Di Banda Aceh terdapat beberapa Masjid yang menjadi landmark dari berbagai peristiwa sejarah yang wajib untuk dikunjungi. Berikut ini adalah 5 Masjid yang sayang untuk dilewatkan jika anda berkunjung ke kota Banda Aceh.

  1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Baiturrahman Banda Aceh adalah Masjid yang sudah lama menjadi landmark kota Banda Aceh. Masjid ini pertama sekali dibangun pada pemerintahan kesultanan Aceh Darussalam dan setelah sempat hangus terbakar akibat peperangan dengan Belanda, masjid ini kembali dibangun dengan arsitektur yang cukup indah. Masjid ini telah mengalami beberapa kali perombakan dan perluasan dari waktu pertama dibangun dengan satu kubah hingga saat ini sudah memiliki 7 buah kubah. Pada tahun ini pemerintah propinsi Aceh sedang melaksanakan pembangunan besar-besaran guna menyiapkan payung-payung besar di halaman Masjid, layaknya Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Baiturrahman

Masjid Baiturrahman

  1. Masjid Baiturrahim Ule lheue

Masjid Baiturrahim Ule Lheue merupakan sebuah saksi bisu dari bencana tsunami yang melanda kota Banda Aceh pada tahun 2004 silam. Masjid ini menjadi satu-satunya bangunan yang tertinggal di kawasan pantai Ule Lheue yang seakan menjadi saksi dari kebesaran Tuhan. Masjid ini telah dibangun dan diperbaiki kembali dan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun manca negara. Di Halaman masjid terdapat sebuah perpustakaan kecil yang berisikan sejarah dari perjalanan masjid ini.

Masjid Baiturrahim

Masjid Baiturrahim

  1. Masjid Agung Al-Makmur

Masjid Agung Al-Makmur ini terletak di kawasan Lampriet Banda Aceh. Masjid ini pertama sekali dibangun pada tahun 1979. Masjid yang sempat hancur diterpa gempa dan tsunami ini dibangun kembali oleh pemerintah Oman. Disainnyapun berkiblat pada masjid-masjid dengan gaya timur tengah dengan tiang-tiang yang tinggi. Masjid yang lebih dikenal dengan masjid Oman ini dikelola oleh pemerintah kota Banda Aceh.

Masjid Al-Makmur

Masjid Al-Makmur

Suasana di dalam Masjid Al-Makmur

Suasana di dalam Masjid Al-Makmur

  1. Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah terletak di Jalan Teuku Umar , desa Geuceu Kayee Jato – Banda Aceh. Masjid ini lebih dikenal dengan nama Masjid Teuku Umar/ Masjid Kupiah Meukeutop dikarenakan bentuk kubahnya yang mirip dengan “Kupiah Meukuetop” ( Kopiah atau peci tradisional Aceh yang kerap digunakan Oleh Teuku Umar sewaktu memimpin perjuangan melawan Belanda). Dengan arsitektur yang unik ini tak mengherankan jika masjid ini menjadi salah satu daya tarik dari kota Banda Aceh.

Masjid Baitul Musyahadah

Masjid Baitul Musyahadah

  1. Masjid Besar Pahlawan

Masjid Besar Pahlawan terletak di kawasan Peuniti dan berhadapan langsung dengan Taman Makam Pahlawan Banda Aceh. Masjid dengan gaya arsitektur Turki ini menjadi salah satu masjid kebanggan masyarakat kota Banda Aceh. Masjid ini sering menjadi pusat dari kegiatan-kegiatan keagamaan, mulai dari dakwah yang berskala besar, maupun kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial.

Masjid Besar Pahlawan

Masjid Besar Pahlawan

Jadi bagi anda yang berkesempatan mengunjungi kota Banda Aceh, tak ada salahnya untuk menikmati wisata religi dengan mengunjungi masjid-masjid tersebut.



About

tunis23.wordpress.com | half time Worker | full time traveler


'5 Masjid yang Wajib dikunjungi di Kota Banda Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool