5-tips-mengunjungi-tempat-wisata-di-aceh

5 Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Aceh

Siapa pun kita pasti memiliki kesibukan harian tersendiri. Ada banyak rutinitas yang kita kerjakan, menyita waktu dan menguras banyak energi. Pekerjaan yang terulang secara terus–menerus, sehingga lambat-laun kita akan merasa jemu. Nah, saat itulah, kita butuh piknik. Berlibur sendiri maupun bersama keluarga dan teman. Memanfaatkan akhir pekan dengan mendatangi tempat liburan. Berbelanja ke pusat perbelanjaan maupun mengunjungi berbagai tempat wisata yang menarik. Semisal Tempat Wisata di AcehBanyak pesona Aceh sebenarnya, yang sayang bila terlewatkan.

pantai tempat wisata di aceh

Krueng Raya. Salah satu pemandangan indah, Tempat Wisata di Aceh

Sebagai pewisata, tentunya ada hal yang harus kita perhatikan. Apa lagi bila tempat yang hendak kita kunjungi adalah Aceh. Daerah yang dikenal memiliki keberagaman budaya yang sarat dengan nilai-nilai agama, seperangkat aturan baku yang khas, dan norma masyarakatnya yang sangat kental nilai adat. Berikut saya akan berbagi 5 tips penting, saat mengunjungi Tempat wisata di Aceh.

Yuk baca juga artikel lainnya: 5 Tempat Wisata Aceh Barat Daya yang Bisa Dikunjungi

 

1. Kenali objek wisata yang akan dikunjungi

Sebelum datang ke suatu tempat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tempat wisata yang akan dikunjungi itu. Mengenal bagaimana Aceh  dan mengakses informasi lengkap mengenai Tempat Wisata di Aceh melalui web resmi Dinas Budaya dan Pariwisata Aceh

Pilih terlebih dahulu, spot mana saja yang akan dikunjungi. Di Aceh ada banyak sekali pilihan. Ada tempat wisata religi, yang paling fenomenal yakni Masjid Raya Baiturrahman. Ada juga Masjid Baitul Makmur dan sederetan Masjid kenamaan lainnya.

mesjid raya tempat wisata di aceh

Mesjid Raya Baiturrahman. Sebagai ikon utama Kota Banda Aceh

Selain tempat wisata religi di Aceh, ada juga tempat wisata kuliner Aceh. Berbagai makanan lezat nan gurih khas Aceh dapat kita nikmati sepuasnya. Ada baiknya kita memastikan apa saja yang hendak dinikmati, agar memudahkan kita untuk memprioritasnya. Satu hal yang harus di list paling atas adalah kopi. Tak lengkap rasanya bila seseorang ke Aceh namun tidak menikmati kopi Aceh. Sebab daerah ini dikenal dengan land 1001 coffee shop.

warung kopi aceh tempat wisata di aceh

Segelas Kopi Aceh. Nikmat!

Ada juga wisata bahari. Daerah Aceh memiliki pantai, bukit dan ngarai yang indah. Air terjun, kolam pemandian dan berbagai pesona alam yang indah lainnya. Pastikan Ezytravelers menentukan ke mana-mana saja yang akan dikunjungi, agar setiba di Aceh akan memprioritasnya. Sebagai pewisata, tentunya Ezytravelers tidak ingin, pergi dan pulang kembali dengan menyisakan rasa penasaran pada tempat yang dikunjungi. Hanya karena tidak merencanakannya dengan benar. Nah, begitu.

2. Mengenakan pakaian yang sopan

Pakaian adalah cermin kepribadiaan seseorang yang pertama dinilai oleh lingkungan. Saat seseorang mengenakan pakaian yang sopan, maka respon lingkungan terhadapnya adalah positif. Warga  Aceh yang telah terbiasa dengan busana berlandaskan syariat Islam, sangat menyenangi pewisata yang mengenakan pakaian sopan.

gadis aceh di tempat wisata di aceh

Gadis-gadis Aceh berbalut pakaian yang sopan dan penuh senyuman

Saya tidak mengatakan bahwa Ezytravelers harus mengenakan kerudung besar hingga menutupi lutut, saat mengunjungi Tempat Wisata di Aceh. Aceh tidak se-ekstrim itu. Jika Ezytravelers muslimah, cukup kenakan penutup kepala hingga menutupi dada, setidaknya itu sudah dianggap sopan di Aceh. Kategori sopan di sini ialah tidak mengenakan pakaian yang dianggap tak senonoh pada pandangan masyarakat umum.

Bagi non muslim, tidak perlu khawatir. Aceh adalah negeri yang masyarakatnya toleran. Menjaga nilai tenggang rasa antar umat beragama. Penuh damai. Karena Islam adalah rahmatan lil’alamin (rahmat bagi seluruh alam). Ezytravelers tidak dipaksakan untuk mengenakan pakaian selayaknya muslim. Hanya diminta berpakaian sopan, sewajarnya. Bahkan para non muslim di Aceh pun tidak  diminta mengenakan penutup kepala. Dengan seperti itu, pun mereka tidak diganggu. Bahkan, di [Peunayong], Vihara, Gereja dan Masjid letaknya nyaris berdampingan. Demikianlah ‘wajah’ Aceh sebenarnya.

3. Bersikap sopan

Selain berpakaian sopan, hendaknya juga bersikap sopan. Sebagaimana halnya tamu, kita tentu saja ingin mengambil hati tuan rumah. Saat Ezytravelers ke Aceh, dengan pakaian yang sopan dan sikap yang sopan, saya pastikan Ezytravelers akan disambut hangat oleh masyarakat setempat. Apa lagi bila Ezytravelers memahami kearifan lokal setempat, itu tentu akan mampu memikat simpati warga Aceh. Semisal mengucapkan salam saat berjumpa sambil mengangkat tangan kanan. Bagi kaum lelaki di Aceh, sikap semacam ini dianggap sangat positif. Santun dan bersahaja. Atau sebatas senyum saat berjumpa dengan penduduk setempat. Itu saja, hal-hal ringan yang menciptakan rasa nyaman.

4. Memilih alat transportasi dan tempat penginapan yang tepat.

Ini tak kalah penting. Ketersediaan alat transportasi sangat penting untuk nyamannya suatu perjalanan. Di Aceh, setidaknya ada beberapa angkutan umum yang dapat diakses dengan mudah. Ada Taksi yang bisa disewa sepenuh hari. Harganya lumayan, sebagaimana Taksi pada umumnya. Untuk berkunjung ke berbagai tempat, kita dapat menyewanya.

Ada pula becak. Menggunakan jasa kendaraan beroda tiga ini sangat asik untuk berkeliling seluruh kota. Ada Trans Kutaraja. Armada Bus yang disediakan oleh pemerintah Aceh untuk memudahkan transportasi warga kota. Free. Nikmatilah sensasi berkeliling dengan Trans Kutaraja. Ada pula Labi-Labi. Angkutan umum ini membawa penumpang dari kota Banda Aceh ke Aceh Besar, demikian pula sebaliknya.

kota banda aceh tempat wisata di aceh

Terlihat Bus Trans Kutaraja sedang melintas di Kota Banda Aceh

Terkait tempat penginapan, di Aceh tersedia berbagai tempat penginapan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ada hotel berbintang lima, untuk kalangan menegah ke atas. Ada pula hotel yang cocok untuk kelas menengah ke bawah. Ada juga rumah singgah yang harga sewanya sangat terjangkau. Hanya 65 ribu untuk satu orang. Home stay ini disediakan oleh masyarakat gampong nusa yang merupakan salah satu Kampung Wisata di Aceh.

Mau jalan-jalan ke Aceh? Temukan berbagai pilihannya di sini: Tiket Pesawat Jakarta Aceh, Booking Hotel Murah dan Paket Wisata Indonesia

5. Menjaga kebersihan

Nah, ini yang harus diperhatikan. Saat mengunjungi Tempat wisata di Aceh, pastikan Ezytravelers menjadi bagian dari orang-orang yang menjaga tempat wisata tersebut dengan baik. Tidak mengambil apa pun kecuali gambar (berfoto). Tidak meninggalkan apapun kecuali jejak langkah. Menjaga kebersihan adalah tindakan kongkrit untuk menjaga estetika tempat wisata. Tidak hanya di Aceh, bahkan ini berlaku di mana pun. Kita harus menjaga kebersihan untuk menyelamatkan alam.

menjaga kebersihan tempat wisata di aceh

Pantai Pulau Kapuk, Aceh Besar. Sangat bersih dari sampah

Hmm. Demikianlah kiranya 5 tips berkunjung ke Tempat Wisata di Aceh. Semoga dapat membantu Ezytravelers yang hendak menyaksikan sejuta pesona Aceh sebenarnya. Berlibur bersama keluarga dan teman untuk menghilangkan rasa jemu terhadap rutinitas sehari-hari. Ayuk ke Aceh!



About

Muslimah. Gemar membaca dan menulis. Pegiat di Forum Lingkar Pena dan Gaminong Blogger. Kontributor beberapa media. Berkicau di @ainiazizbm, IG @ainiazizbeumeutuwah. Kunjungi saya di https://www.ainiaziz.com/


'5 Tips Mengunjungi Tempat Wisata di Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool