7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie

7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie

Ini dia 7 mitos dan fakta yang wajib kamu ketahui tentang Orang Pidie!

1. Orang Pidie Pelit?

Ini saya jadikan nomor pertama 7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie karena inilah mitos yang didengungkan oleh warga Aceh Di Kabupaten lain kalau berbicara yang negatif tentang Pidie.

Faktanya, warga di Pidie sangat ramah-ramah, tidak pelit memberikan tangannya untuk di salami kalau berjumpa. Malah kalau kenal, akan disuruh mampir ke rumah. Jadi yang mengatakan orang Pidie itu pelit, perlu dipertanyakan lagi. Mereka sangat dermawan, suka menyumbang ke masjid walaupun ada yang jarang ke sana.

Menurut saya orang pelit itu ada di semua daerah, tidak hanya di Pidie saja, yang mengatakan orang Pidie pelit tadi, mungkin dia pernah di tolak oleh mereka, atau gagal berbisnis dengan mereka, untuk menutupi kekecewaannya, lalu dia menyebarkan berita tentang orang Pidie.

7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie

Pelit, untuk rumah saja seperti Iglo? Bukan, ini rumah produksi garam di Pidie

2. Orang Pidie Mahal Maharnya?

Selanjutnya adalah mengapa orang Sigli maharnya mahal? jawabannya adalah karena akan setimpal mahar yang diberikan dengan apa yang anda dapatkan.

Menikahi orang Sigli adalah jaminan kesehatan, kesejahteraan dan satu lagi mungkin keselamatan iman, begini maksud saya, sebagian gadis Sigli, bukan sebagian, sebagian besar gadis Sigli pandai memasak, sebagian lain bisa memasak, jadi menikahi bangsa Sigli anda akan mendapatkan seorang koki rumah tangga yang handal, kedua kesejahteraan, menurut adat Pidie seorang laki-laki yang menikah, harus tinggal di rumah sang istri.

Angka 20 mayam emas tentu saja kurang untuk membeli 1 rumah, jadi tidak mahal kan? Yang ke tiga, ini masih kemungkinan, anak Sigli sebagian, bukan sebagian, mugkin sebagian kecil atau setengahnya, karena tidak tahu saya kondisi sekarang, menikahi orang Sigli, kita tidak hanya mendapat seorang istri, tapi juga ibu yang baik untuk anak-anak, syukur kalau dia ta’at agama dan akan mengajari anak-anak kita Al-qur-an dan Akhlak mulia. Dan kita akan selamat dunia akhirat, amin.

7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie

Contoh Cewek Pidie yang Mahal Maharnya, diperebutkan banyak sekali pria kaya Pidie

3. Pidie Penghasil Kerupuk Mulieng?

Sebagai mana kita ketahui, bahwa orang Pidie terkenal dengan kerupuk muliengnya..

Tidak lengkap makan nasi mereka tanpa keurupuk mulieng. Di setiap rumah di Pidie rata-rata ada beberapa bahkan satu lampus penuh pohon meninjau (bak Mulieng) setiap anak laki-laki di Pidie yang lahir tahun sebelum masehi sampai 80an, bisa memanjat pohon mulieng.

Di desa-desa seputaran Beureunuen, di setiap rumah ada palei peh kerupuk dan bak peh kerupuk yang besar. Buahnya? Buah mulieng.

Ada 3 fase warna buah mulieng ini, seperti traffic light. Mungkin ide traffic light itu dari boh mulieng. Kenapa traffic light kita sebut lampu merah? Kenapa tidak lampu boh mulieng saja? Kan lebih terkesan keAcehan. Waktu berumur sehari, buahnya akan berwarna hijau seperti daun. Dari sangat kecil yang biasa sudah di petik dan di masak di Kuah Pliek.

4. Gadis Di Aceh Pidie Cantik-cantik?

Dulu di beberapa daerah di Sigli merupakan penghasil cewek cantik, Garot, Kp Aree, Tangse, Geumpang  dan Sekitar. Menurut saya gadis cantik rupa itu ada di semua daerah, tidak di Pidie saja. Lalu cantik itu relatif, menurut pandangan mata siapa yang memandang.

tiket mudik murah

5. Orang Pidie Suka Berdagang

Inilah fakta yang menarik Orang Pidie, di berbagai pelosok di Aceh. Saya pernah Kuliah Pengabdian Masyarakat di Aceh Tengah, dan Camat di daerah itu heran dan bertanya “Kamu orang pidie, Orang Pidie itu berdagang dan sukses, kamu kenapa jadi anak kuliah?

Mereka tidak hanya suka berdagang di Indonesia, tapi Mie Aceh, yang originalnya dari Pidie sudah dijual sampai ke Australia. Jadi ini kita golongkan kepada Fakta di Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie.

Contoh Dagangan Orang Pidie yang diminati

 

6. Orang Pidie Suka Merantau

Sama seperti kebudayaan masyarakat Padang, kalau sudah cukup usia biasanya anak muda di Berbagai desa di Kabupaten ini pergi merantau, baik itu untuk bekerja atau pun untuk mencari ilmu. Tidak menetap di Kota Sigli.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Aceh? Cari hotel murah dulu, ambil promo tiket pesawat Jakarta Aceh atau paket perjalanan wisata murah. Yuk berangkat!

7. Orang Aceh Pidie Mudah Bergaul?

7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie

Gubernur Aceh Sekarang, Juga orang Pidie

Beberapa pejabat Aceh di Jakarta, berasal dari Pidie, menurut mitos mereka bisa jaya di Ibukota karena orang Pidie bisa masuk ke berbagai seluk-beluk pemerintahan berkat kepiawaian mereka bergaul.



About

Saya seorang pemuda tampan dan rupawan, dicintai hewan melata dan tumbuhan, lahir dan besar di Aceh, suka memerhatikan orang Aceh, Bercerita tentang Aceh, Tidur di Aceh.
Sembari belajar menulis, saya juga membaca buku, surat kabar dan bahasa tubuh.
suka menulis sejak SMA dan ingin menjadi penulis profesional


'7 Mitos dan Fakta Yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Orang Pidie' have 1 comment

  1. April 22, 2017 @ 1:50 pm fithri saiful lubis

    Pidie ! No Aceh, berasal dari kata”Pedir”

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool