asal mula nama cut

Kenapa Perempuan Aceh Diberi Gelar Cut? (INFO)

Gelar merupakan predikat yang melekat pada bagian depan sebuah nama seseorang. Gelar dapat dimiliki oleh pria maupun wanita. Tidak semua orang dapat memperoleh gelar. Bahkan ada gelar yang harus diperoleh dengan usaha keras.

Berbicara mengenai gelar, Ezytravelers tentu pernah mendengar seorang wanita yang memiliki nama panggilan Cut. Nama tersebut merupakan gelar yang dimiliki oleh wanita Aceh. Namun, tidak sembarang gelar Cut diberikan.

Ezytravelers yang penasaran dengan Asal mula nama cut, maka harus menyimak penjelasan singkat di bawah ini. Termasuk akan dijelaskan pula secara singkat Perbedaan nama cut dan pocut.

 

Asal Mula Pemberian Gelar Cut

asal mula nama cut

Cut Meutia

Gelar Cut tidak semua wanita Aceh memilikinya. Hanya para bangsawan wanita atau wanita keturunan bangsawan Aceh yang berhak memiliki gelar Cut di depan namanya.

Gelar tersebut akan terus diberikan sampai ke anak cucu. Dengan catatan, wanita bergelar Cut menikah dengan pria bangsawan Aceh dengan gelar Teuku. Jika tidak, maka gelar Cut akan terhenti pada namanya sendiri. Sehingga dapat dikatakan gelar Asal mula nama cut datang dari sistem pemerintahan monarki garis keturunan Ulee Balang pada Kerajaan Aceh.

 

Pahlawan Wanita dengan Gelar Cut

Ezytravelers pasti tahu siapa pahlawan wanita asal Aceh yang memiliki gelar Cut. Benar, Cut Nyak Dien dan Cut Meutia.

Cut Nyak Dien merupakan wanita Aceh yang terkenal sebagai pejuang pemberani dan terbaik yang melawan penjajahan dari Belanda. Sedangkan Cut Meutia merupakan wanita Aceh yang gigih dan berani melawan penjajah Belanda bersama Teuku Cik Tumong, sang suami. Meskipun pada akhirnya beliau terbunuh oleh penjajah Belanda.

 

 

Sejarah Pemberian Gelar Cut

Gelar Cut menggambarkan seorang wanita yang lemah-lembut, mengagumkan, dapat membina rumah tangga dengan baik, serta berkepribadian tegas. Sehingga tidak dapat sembarang wanita memperoleh gelar Cut.

asal mula nama cut

Cut Nyak Dien

Berdasarkan sejarah, wanita yang bergelar Cut, dipandang sebagai wanita yang memiliki kedudukan terpandang. Wanita berderajat tinggi, sangat taat terhadap ajaran agama, serta berpendidikan. Sehingga pada masa lalu, sedapat mungkin keluarga akan menjodohkan anak gadisnya dengan pria bergelar Teuku agar gelar keturunannya tidak berhenti.

Begitu juga berlaku sebaliknya. Tidak jarang orang tua akan sibuk menjodohkan anaknya terhadap sesama bangsawan demi mempertahankan gelar yang telah dimiliki.

 

Apakah Beda antara Cut dengan Pocut?

Ada Perbedaan nama cut dan pocut. Pocut merupakan gelar yang diberikan kepada anak wanita karena berasal dari keturunan seorang bangsawan. Gelar Pocut diberikan kepada si anak jika ayahnya menyandang gelar Teuku. Secara turun-temurun pula gelar Pocut ini diberikan.

 

Jenderal Aceh Bergelar Pocut

asal mula nama cut

Pocut Baren

Ezytravelers, pernahkah mendengar jenderal wanita dengan gelar Pocut?

Untuk gelar Cut memang tidak asing. Jenderal Aceh yang dengan berani melakukan perlawan terhadap penjajahan Belanda agar rakyat Aceh makmur adalah Pocut Baren.

Perlawanan Pocut Baren membuat Belanda geram dan menyerbu pertahanan dari Pocut Baren hingga kahirnya Jenderal wanita Aceh tersebut tertangkap. Gelar Pocut tersebut juga menggambarkan bahwa wanita dengan gelar tersebut juga sama beraninya dengan wanita bergelar Cut dalam melawan penjajah Belanda kala itu.

 

Gelar Cut Masih Tetap Ada hingga Sekarang

Gelar Cut tentu saja masih dengan mudah Ezytravelers temukan saat jalan-jalan ke Aceh. Bahkan sudah tidak asing publik figur Indonesia yang memiliki nama dengan gelar Cut. Sayangnya, publik figur tersebut seakan tidak menunjukkan begitu anggun dan berharganya gelar Cut bagi wanita Aceh.

Jika Ezytravelers tahu siapa saja nama-nama publik figur wanita dengan gelar Cut, pasti merasa seperti terbalik dengan arti gelar Cut yang seharusnya melekat. Terlepas dari itu, harapannya wanita-wanita Aceh yang memiliki gelar Cut dapat menjaga predikat tersebut dengan baik dan bijak. Sebab wanita dengan gelar Cut adalah wanita yang sosoknya begitu dihormati dan diagungkan.

 

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Cari hotel murah dari sekarang, ambil promo diskon dan temukan tips liburan keren.

 

Pengaruh Modernisasi terhadap Kelestarian Gelar Cut

Sistem monarki mulai sedikit demi sedikit mulai terkikis. Adat-istiadat yang sudah turun-temurun seakan mulai dilupakan oleh rakyatnya sendiri. Sehingga garis keturunan dari Cut mulai berkurang. Hal tersebut dipengaruhi oleh modernisasi. Seperti wanita dengan gelar Cut menikah dengan pria selain keturunan bangsawan, sehingga keturunan Cut terhenti. Atau, seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, wanita dengan gelar Cut memiliki sikap yang berbeda dari yang seharusnya dimiliki oleh seorang wanita bergelar Cut.

Gelar bangsawan Cut termasuk salah satu aset adat-istiadat Aceh yang perlu dilestarikan. Sehingga bagi wanita Aceh yang beruntung memiliki gelar Cut pada namanya, dapat berperilaku pantas sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orangtua dan masyarakat Aceh khususnya.

Semoga saja dengan perkembangan zaman yang semakin modern tidak lantas benar-benar menghilangkan adat-istiadat dari gelar Cut tersebut.Itulah Asal mula nama cut dan sejarah singkat yang menarik untuk Ezytravelers ketahui. Apalagi ternyata ada pula gelar Pocut dan Perbedaan nama cut dan pocut juga sudah Ezytravelers ketahui di atas.

 




'Kenapa Perempuan Aceh Diberi Gelar Cut? (INFO)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool