Babah Kuala

Babah Kuala: Pantai Perawan di Bagian Barat Aceh Besar

Pantai Babah Kuala namanya. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Letaknya tidak jauh dari Pantai Lampu’uk, pantai yang sudah lebih dahulu terkenal dan menjadi salah satu destinasi wajib wisatawan yang mampir ke Aceh. Meskipun terbilang tidak jauh dari Pantai Lampu’uk, namun pantai ini memiliki ombak laut yang tenang dan cocok bagi anda yang ingin belajar berenang. Pantai ini pun tergolong sepi dan belum banyak yang mengunjungi.

Untuk menuju pantai ini, anda hanya memerlukan kurang lebih 30 menit perjalanan dari Kota Banda Aceh. Anda harus menggunakan jalur barat yang menghubungkan Kota Banda Aceh menuju Meulaboh. Jika anda menggunakan jalur timur, yakinlah akan lebih dari 30 menit waktu yang anda habiskan untuk menuju Pantai ini. Hehe. Sepanjang jalan raya memasuki wilayah Lhoknga, anda dijamin tidak akan bosan. Anda akan menyaksikan panorama-panorama yang menyejukkan mata. Di kiri-kanan jalan terdapat hamparan sawah yang cantik mempesona. Belum lagi jika waktu panen tiba anda akan disuguhkan pemandangan padi yang  menguning disertai dengan hewan ternak milik warga yang terlihat memenuhi area sawah. Anda juga akan menemukan toko-toko di pinggir jalan yang menjual berbagai makanan khas Aceh seperti keripik ubi, tape, kue bolu ikan dan lain-lain.

Babah Kuala

Dalam perjalanan menuju Babah Kuala

Menuju pantai ini tidak terlalu sulit. Setelah melewati mesjid di sebelah kanan jalan anda akan menemukan belokan ke arah Pabrik Semen Lafarge. Namun anda tidak perlu mengikuti belokan itu. Tempuhlah jalan lurus diseberang jalan yaitu jalan masuk menuju pantai. Nantinya anda akan menemukan simpang tiga dan anda harus memilih ke kiri untuk menuju Pantai Babah Kuala. Setelah itu anda cukup mencari gapura selamat datang disebelah kanan yang merupakan akses masuk ke area pantai. Biaya masuk pantai hanya Rp 5.000,- saja.

Babah Kuala

Pengunjung pantai ini tidak terlalu ramai. Selain wisatawan lokal, pantai ini juga dikunjungi oleh wisatawan asing. Beberapa turis mancanegara terlihat di sekitar pantai. Umumnya mereka menempati homestay disekitar lokasi pantai.
Babah Kuala

Pantai Babah Kuala memiliki pesona khas pantai di Aceh Besar pada umumnya. Pasir putih, air laut yang bening dan deretan pohon cemara menghiasi area pantai. Tetapi Pantai Babah Kuala memiliki Breakwater atau pemecah ombak yang berfungsi untuk mengandalikan abrasi yang menggerus garis pantai. Jika anda mempunyai hobi memancing, ambil peralatan memancing anda dan silahkan ikut memancing bersama penduduk lokal yang biasanya terlihat memancing diatas batu-batuan breakwater. Jika rasa lapar dan haus menghampiri, jangan cemas, disekitar pantai anda bisa menemukan beberapa kios kecil yang menyediakan jajanan. Anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih pantai dibarengi minum air kelapa dan menyicipi mie instan. Selain itu anda juga bisa mencoba aktivitas lainnya yaitu berenang di laut ditemani ikan-ikan kecil yang akan mengerubungi anda.

Babah Kuala

Tunggu apalagi? Ayo nyebur!

Bukan merupakan sebuah rahasia bahwa Aceh Besar terkenal dengan panorama alamnya yang begitu menawan, tak terkecuali pemandangan di pantai. Nah, Jika anda bosan mengunjungi pantai itu-itu saja, segera issued tiket menuju Banda Aceh dan cobalah berkunjung ke pantai satu ini.



About

Dental student, Aviation Enthusiast, Plane Addict, Sky Lover, Flashpacker, Amateur Designer and Typographer, Nocturnal.


'Babah Kuala: Pantai Perawan di Bagian Barat Aceh Besar' have 2 comments

  1. July 4, 2015 @ 10:13 am Hidayah Sulistyowati

    Kalo lihat air jernih dan pasir putih, pengennya nyebur aja 🙂

    Reply

  2. July 6, 2015 @ 4:42 am Risa Rahma Putri

    Wah bener banget mba. Segerr 😀 Asal ga keminum aja ya dibulan puasa ini hihi

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool