destinasi libur lebaran

Taman Sari, Destinasi Libur Lebaran Bersama Keluarga di Kota Banda Aceh

Sudah terpikirkan, lebaran ini hendak ke mana saja? Sahabat Ezytravelers tentunya memiliki sebuah perencanaan untuk berlibur saat lebaran. Selain bersilaturrahmi ke rumah saudara dan sahabat, tentu ada agenda khusus lainnya, seperti mengunjungi suatu tempat bersama keluarga. Berikut adalah tempat yang cocok menjadi destinasi libur lebaran bersama keluarga di Kota Banda Aceh.

 

Taman Sari.

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Tugu Taman Sari

 

Sejak saya masih kecil, Taman Sari telah menjadi destinasi libur lebaran bersama keluarga. Orangtua saya mengajak kami untuk jalan-jalan ke Taman Sari. Meskipun tampilan Taman Sari dahulu belum seindah sekarang. Ada banyak kenangan tersimpan bersama berlalunya waktu. Saya ingat betul dengan perosotan dan ayunan di Taman Sari. Taman Sari adalah salah satu destinasi libur lebaran bersama keluarga yang tak terlupakan.

Belakangan ini, Taman Sari menjadi lebih popular di kalangan masyarakat Kota Banda Aceh. Tidak hanya anak-anak, remaja bahkan dewasa. Sebab kerap ada agenda besar di Taman Sari ini, seperti Bazar Turki, Piasan Seni, Festival Kopi dan lain sebagainya.

 

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Ornamen bangunan di Taman Sari

 

Infrastuktur pendukung wisata pun sudah lebih ditingkatkan. Adanya bangunan mewah bernuansa kerajaan di sini, meskipun pengerjaannya belum rampung secara total, namun terlihat sudah dipadati pengunjung. Secara pribadi, saya mengagumi bangunan ini. Ornamennya mencerminkan nuansa keislaman. Dikabarkan bahwa bangunan ini nantinya akan dijadikan museum digital pertama di Kota Banda Aceh.

Taman Sari, atau kini dipopulerkan dengan nama Taman Bustanus Salatin dahulunya adalah tempat bermain Raja. Taman yang sengaja diadakan untuk tempat bermain. Cocok sekali, hingga kini, taman ini masih berfungsi sebagai tempat bermain.

 

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Taman Sari

 

Saya melihat, banyak yang datang membawa keluarganya untuk bersuka cita di taman ini. Adanya beberapa fasilitas pendukung, seperti penyewaan mobil mainan, gerai yang menjual makanan seperti Siomai dan Mie Sop di bagian tepi menjadi pelengkap, setidaknya, saat berada di taman ini, pengunjung tidak akan lapar jika mereka mempunyai uang.

Taman Sari sangat cocok sebagai destinasi libur lebaran bersama keluarga di Kota Banda Aceh. Selain itu, apa yang dapat sahabat Ezytravelers dapatkan saat berada di taman ini. Tentu saja ada, banyak! Selain adanya tempat bermain untuk anak-anak, seperti ayunan dan lain sebagainya, taman ini juga cukup luas untuk menikmati angin segar di tengah-tengah hingar ibukota. Ada banyak pohon rindang di sisi taman yang luas ini.

 

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Tiang Warna Warni

 

Satu hal yang tak kalah menarik adalah keberadaan tiang warna-warni. Ini menjadi daya tarik tersendiri terhadap Taman Sari. Tiang dengan ukuran sama namun tingginya tidak sejajar, dicat dengan warna yang kontras sehingga benar-benar menarik perhatian. Saya selalu terkagum-kagum dengan nilai seni yang dihadirkan dalam sepotong pemandangan indah ini. Sila sahabat Ezytravelers menyaksikannya sendiri. Bukti bahwa Taman Sari ini cocok menjadi destinasi libur lebaran bersama keluarga.

 

Baca juga tentang artikel menarik lainnya: Tradisi menyambut lebaran di Pidie

 

Tidak jauh dari Taman Sari, bahkan hanya berselang dua badan jalan, sahabat dapat menyaksikan keindahan Payung Masjid Raya. Payung yang pengerjaannya belum rampung ini pun sudah menjadi pemandangan yang sangat diminati pengunjung. Sudah sepatutnya sahabat Ezytravelers menjadikan Masjid Raya sebagai salah satu destinasi libur lebaran bersama keluarga di Banda Aceh.

 

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Payung Masjid Raya

 

Saya ingat betul, ketika remaja, bagi kami di seputaran Aceh Besar, libur lebaran tidak sempurna sebelum ke Masjid Raya Baiturrahman. Bahkan, janjian dengan sahabat menjelang libur sekolah, bahwa kita akan berjumpa lagi nanti, pada hari raya, di halaman Masjid Raya.

Ingat kenangan ini, saya jadi tersenyum sendiri. Kembali mengenang keseruan saat lebaran dimasa-masa remaja dulu. Sebelum ke Masjid Raya, kami terlebih dahulu membeli beberapa jenis cemilan dan minuman botol di mol (maksudnya swalayan,  seperti Pante Pirak dan Metro, dulu). Perginya ramai-ramai. Ibarat kata, kalau belum menjejeki Kota Banda Aceh, tidak sah lebaran. Begitulah kira-kira.

 

destinasi libur lebaran bersama keluarga

Tugu Masjid Raya

 

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Cari hotel murah dari sekarang, ambil promo diskon dan temukan tips liburan keren.

Jadi, bagi sahabat Ezytravelers, cobalah rasakan betapa syahdunya jalan bergandengan tangan bersama keluarga Anda, dari Taman Sari menuju ke Masjid Raya Baiturrahman – Kota Banda Aceh. Menjejaki Taman bermain para raja, menuju ke rumah Allah, lebaran Anda kali ini akan lebih ‘subhanallah,’ pokoknya.



About

Muslimah. Gemar membaca dan menulis. Pegiat di Forum Lingkar Pena dan Gaminong Blogger. Kontributor beberapa media. Berkicau di @ainiazizbm, IG @ainiazizbeumeutuwah. Kunjungi saya di https://www.ainiaziz.com/


'Taman Sari, Destinasi Libur Lebaran Bersama Keluarga di Kota Banda Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool