Oleh-Oleh Khas Aceh

Ke Aceh, Jangan Lupa Oleh Oleh Khas Aceh Ini!

Melancong atau melakukan perjalanan ke suatu tempat, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh oleh khas daerah tersebut. Banyak tujuan pelancong saat membeli oleh oleh; untuk dibagikan ke teman-teman atau keluarga, bisa juga sebagai kenang-kenangan untuk diri karena telah menjejakkan kaki ke daerah tersebut.

Jika kamu ke Aceh, apa sajakah Oleh Oleh Khas Aceh yang dikenal sebagai daerah syariat ini?

1. Souvenir Aceh

Oleh Oleh Khas Aceh

Ragam Souvenir Aceh | Foto: dwinandaardhi[dot]com

Ada banyak oleh oleh khas Aceh, antara lain; rencong Aceh, Pinto Aceh (biasanya dalam bentuk perhiasan, bros, atau leontin), pernak-pernik dengan motif Aceh (gantungan kunci, sarung telepon genggam), ragam bentuk tas dengan motif Aceh dan bakal kain motif Aceh.

Untuk mendapatkan oleh oleh khas Aceh ini sangatlah mudah karena terdapat banyak toko souvenir Aceh di sekitar pusat kota banda Aceh. Harganya juga beragam, mulai dari ribuan sampai jutaan, tergantung barang yang dibeli, juga kualitas barang tersebut.

2. Kopi Aceh

oleh oleh khas Aceh

Kopi Ulee Kareng | Gambar: bistip[dot]com

Aceh terkenal sebagai Kota 1001 Warung Kopi.

Dan kopi Aceh juga telah terkenal hingga ke mancanegara. Tak lengkap ke Aceh jika tidak membeli kopi Aceh dan menjadikannya sebagai oleh oleh untuk keluarga tercinta. Di mana bisa mendapatkannya? Datang saja ke gerai kopi yang terkenal di Banda Aceh yang beralamat di Jalan Lamreung No., Ulee Kareng, Banda Aceh.

3. Batik Aceh

Aceh juga punya batik, lho! Motifnya tentu saja sesuai dengan motif khas daerah Aceh, yakni motif Pinto Aceh (pintu Aceh), motif Bungong Jeumpa (bunga Kenanga), motif Tulak Angen, dan motif rencong.

Di mana bisa mendapatkannya? Datang saja ke toko batik paling terkenal di Banda Aceh bernama ‘Zeans Batik’ yang beralamat di Jalan Teuku Umar, Banda Aceh.

4. Dendeng Aceh

oleh oleh khas aceh

Ragam rasa Dendeng Aceh. Manis, asin, dan kari | Foto: acehutara.go.id

Dendeng Aceh termasuk salah satu oleh oleh khas Aceh yang paling terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Kamu bisa mendapatkannya di kawasan Jalan Tgk. Chik Ditiro atau kawasan Peunayong, Banda Aceh. Ada banyak pilihan rasa dendeng Aceh; asin, manis, dan rasa kari.

tiket mudik murah

5. Kue-kue tradisional Aceh

oleh oleh khas Aceh

Ragam kue tradisonal Aceh | Foto: tribunnews[dot]com

Salah satu primadona wisata kuliner di Aceh adalah kue tradisionalnya, antara lain; timphan, kue Bhoi, Kue Adee, dodol dan ragam kue kering tradisonal Aceh lainnya.

Tak sulit untuk mendapatkannya. Untuk kue-kue kering tradisonal Aceh, bisa didapat di Pasar Aceh, tempatnya persis di belakang Mesjid Raya Baiturrahman. Bisa juga dengan mengunjungi Istana Kueh Tradisonal di Jalan Cut Nyak Dhien, Lampisang, Lhoknga.

Bagi kamu yang punya rencana ke Pantai Lampuuk, jangan lupa sempatkan untuk mampir ke Istana Kue Tradisonal Lampisang ini, karena jalan ke Pantai Lampuuk memang melewati Jalan Cut Nyak Dhien dan toko kue ini berada persis di pinggir jalan.

6. Bakpia Sabang

oleh oleh khas Aceh

Bakpia Sabang | Foto: santolipatrick[dot]com

Sebenarnya ini termasuk oleh oleh khas Aceh sejenis kue-kuean juga, tetapi karena Bakpia Sabang tidak termasuk dalam jenis kue tradisional Aceh, maka saya buat di daftar terpisah.

Di Aceh juga terdapat Bakpia, dan bakpia yang sudah terkenal kelezatannya adalah Bakpia Sabang. Jika kamu berwisata ke Sabang selain di banda Aceh, kamu beruntung bisa membelinya langsung di pabriknya.

Lalu bagaimana jika hanya jalan-jalannya di seputar Kota Banda Aceh saja? Jangan khawatir, Bakpia Sabang juga sudah dijual di beberapa swalayan di Banda Aceh.

Pssst, jalan-jalan hemat ke Aceh? Cari hotel murah dulu, ambil promo tiket pesawat Jakarta Aceh atau paket perjalanan wisata murah. Yuk berangkat!

7. Baju Kaos Aceh

oleh oleh khas Aceh

Baju Kaos khas Aceh ‘Piyoh’ | Foto: hijrahheiji[dot]blogspot[dot]com

Rasanya, saat bepergian ke suatu tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya, membeli oleh oleh berupa kaos khas daerah tersebut menjadi seperti sebuah  keharusan.

Kaos menjadi penanda nyata jika kita sudah pernah menginjakkan kaki ke sebuah tempat. Ya, karena biasanya di situ tertulis nama daerah yang kita kunjungi.

Ingin mendapatkan kaos khas Aceh dengan kreasi yang unik? Kamu bisa membeli kaos Aceh ‘Piyoh’ hasil kreasi Hijrah Saputra. Pusat penjualan Kaos Piyoh ada di Sabang, tetapi pemiliknya juga telah membuka cabang di Banda Aceh, yaitu di daerah Ulee Kareng.

Selamat datang ke Aceh, selamat berburu oleh oleh khas Aceh!



About

An ordinary woman | A Lifestyle Blogger | Working Mom | Books enthusiast | Love to read and write | Owner of www.fardelynhacky.com |


'Ke Aceh, Jangan Lupa Oleh Oleh Khas Aceh Ini!' have 2 comments

  1. August 18, 2015 @ 3:45 pm Yudi Randa

    horeee batik aceh masuk dalam katagori :))
    sekarang bisa beli online via sayah hahaha

    Reply

    • August 14, 2016 @ 3:14 pm yudi.sahir

      dimana bisa beli ya lohat motif nya tks dan klo ada peci khas juga mau tks

      Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool