Kuala Paret, Sungai Deras dan Cantik di Aceh Tamiang

IMG_20150926_160812_AO_HDR

Beberapa waktu terakhir ini, Kuala Paret memang ramai diperbincangkan di dunia maya. Foto-fotonya bertebaran di media sosial. Banyak orang yang tak menduga, kalau di Aceh Tamiang ada lokasi wisata seindah ini. Bahkan, penduduk di sekitar Tamiang Hulu pun banyak yang belum tahu. Buktinya, saat saya menanyakan kepada penduduk setempat. Sebagian mereka hanya pernah mendengar namanya, namunย  tidak tahu secara pasti di mana lokasi wisata ini.

Dari namanya memang rasanya kurang menarik. Tapi jangan terkecoh. Tempat ini justru menyuguhkan pesona alam yang menawan. Kuala paret adalah sebuah cekungan seungai yang dialiri air yang deras dan cantik. Salah satu daya tarik objek wisata ini airnya yang berwarna agak kehijuan dan jernih. Indah sekali. Apalagi kalau kita melihatnya dari puncak bukit. Tampak aliran air yang jernih itu seperti kalung mutiara yang dibiarkan begitu saja. Meliuk-liuk di antara perkebunan sawit.

IMG_20150926_163021_AO_HDR

Kuala paret letaknya di Desa Kaloi, Tamiang Hulu. Lokasinya masih berada di kawasan perkebunan PT. Ampli. Jalan menuju kemari memang butuh perjuangan. Karena jaraknya yang sangat jauh dari pusat kota kuala simpang, yaitu sekitar tiga jam perjalanan. Jika kita sudah sampai ke Pulau Tiga, bawalah bekal yang cukup. Sebab setelahnya sulit sekali menemukan warung. Apalagi kalau sudah masuk kawasan perkebunan sawit. Tempat ini nyaris sepi.

Setelah masuk desa Kaloi, perjuangan semakin menantang. Karena di sini, kondisi jalannya berbatu dengan lebar hanya sekitar dua meter. Bagi jiwa petualang hal seperti ini tentu sangat menantang. Apalagi kondisi jalannya naik turun perbukitan yang rasanya tak habis-habis. Namun di sinilah menariknya, karena saat kita sampai di puncak bukit, kita bisa melihat hutan serta areal perkebunan yang sangat luas.

IMG_20150926_134845_AO_HDR

Namun hati-hati, karena banyak sekali persimpangan di sepanjang perjalanan. Ada baiknya, kita bertanya dulu kepada orang-orang yang sudah tahu. Atau pun ikutilah rombongan lain yang hendak ke Kuala Paret. Saya sendiri saat itu, sampai tersesat dua kali ๐Ÿ˜€ gara-gara salah mengambil jalan. Setelah menempuh perjalanan yang penuh liku tersebut, akhirnya kita akan sampai di Kuala Paret.

IMG_20150926_161527_AO_HDR

Dari atas, suara deru air Kuala Paret yang deras terdengar. Karena Posisinya berada di bawah tebing. Maka kita harus menuruni tebing sambil memegangi akar-akar pohon. Benar-benar sebuah petualangan. Oh ya, untuk masuk kemari kita hanya perlu membayar Rp. 5000 untuk biaya parkir. Harga yang pantas untuk tempat semenarik ini.

IMG_20150926_150212_AO_HDR

Di Kuala Paret kita bisa melihat batu-batu besar yang terbelah menjadi aliran sungai. Di celah-celah batu itulah air sungai yang berwarna cantik tersebut mengalir deras. Namun hati-hati, jangan coba-coba untuk mandi di aliran tersebut karena sangat berbahaya. Arusnya yang sangat deras bisa berakibat fatal.

Tapi tak usah khawatir, kita masih bisa mandi di tepiannya dengan arus yang tak terlalu deras. Air di sini sangat sejuk dan segar. Saya sendiri berulang kali meneguk air sungai ini ๐Ÿ˜€ karena kehausan akibat tak membawa bekal yang cukup.

IMG_20150926_143648_AO_HDR

Tempat ini memang belum ramai dikunjungi orang. Mungkin karena tempatnya yang sangat jauh dan jalannya yang sangat menantang. Suasana alam di sini sangat alami. Tebing-tebing yang tinggi memagari aliran sungai ini, sementara di sisi seberangnya adalah rimbunan hutan yang masih alami.

 

Udara di siniย  juga sangat sejuk. Benar-benar lokasi wisata yang tepat bagi siapapun yang ingin relaksasi. Ya, berkunjunglah ke Aceh Tamiang. Jelajahi jalannya yang menantang, dan nikmati pesona deras dan cantiknya aliran sungai di pedalaman Tamiang Hulu ini.

IMG_20150926_161944_AO_HDR

 



About

Anak Kampung yang rentan bahaya globalisasi | Suka jalan-jalan dan naik gunung | Penyuka film berbau Spionase | Fans setia Arsenal | www.ibnusyahri.com


'Kuala Paret, Sungai Deras dan Cantik di Aceh Tamiang' have 15 comments

  1. January 5, 2016 @ 1:27 pm okvi

    destinasi yg menarik, bisa kasih arahan perjalanan ke kuala paret klo dr arah langsa kah bang,… trimakasih…

    Reply

    • October 6, 2016 @ 9:50 am Ibnu Syahri Ramadhan

      Dari Arah Langsa, terus sampai ke Simpang Semadam belok kanan. Jalan terus menuju Pulau Tiga. Nah, sampai Pulau Tiga , jalan ke arah desa Kaloy. Selanjutnya, tanya penduduk setempat ๐Ÿ˜€ karena jalannya kecil tapi orang-orang sudah tahu kok jalannya ๐Ÿ™‚

      Reply

  2. July 23, 2016 @ 12:40 am Bagus

    pemandangan yang indah,,,pas se x dengan hobiku,,tunggu aku Kuala paret,,,

    Reply

  3. August 7, 2016 @ 3:54 pm Tami

    Pingen ke sana tp kapan ya,,,kayaknya mantap ni tempatnya

    Reply

  4. September 28, 2016 @ 11:50 pm OKI

    aku tinggal di Kualasimpang, sering denger nama tempat itu, tapi sampe hari ini belum kesampaian juga untuk pergi ke sana. Kesian kesian kesian.

    Reply

  5. October 1, 2016 @ 9:11 am Suria Dharma

    Bos, bisa tunjukan kordinatnya di google map, biar nggak tersasar sasar?

    Reply

  6. October 31, 2016 @ 10:56 am Tasya aprillia

    Aku udah pernah kesana ?

    Reply

  7. February 15, 2017 @ 1:07 am Hendra

    whahahaa.. sabtu kemarin aq baru berpetualang kesana bg.. luar bioskoooooopp.. capenya, luar bioskooopp pemandangannya.. pokoknya ga rugi lah, pengalaman yg sangat menyenangkan, menegangkan & melelahkan ๐Ÿ˜€

    Reply

  8. April 21, 2017 @ 9:10 am Hafizsl

    Tunjukkan lah petanya jangan sampek kesasar pengen banget kesanโ˜บ

    Reply

  9. July 2, 2017 @ 12:31 pm Munaroh

    Hallo bg aku muna di lhokseumawe dikuala paret cwek bisa masuk gk bg,soalnya pengen pergi sama anak club

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

ยฉ2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool