#MustGoIndonesia, Start From Aceh

Saya masih ingat, kala pertama kali jalan-jalan ke negeri jiran Malaysia. Saat itu, saya mengikuti salah satu acara Famtrip yang diselenggarakan oleh kementerian pariwisata Malaysia. Ada beberapa blogger dari Eropa datang, Malaysia dan Indonesia pastinya.

Singkat cerita, saya yang tak bisa bahasa Inggris ini berusaha membaur dengan mereka yang dari Belanda dan Perancis. Ada hal yang membuat saya penasaran sedari dulu, yaitu mengenai pandangan pelancong Eropa tentang Indonesia. Benarkah mereka hanya tahu Bali dan tidak tahu daerah lainnya?

Jeanine, gadis muda bertubuh jangkung asal Belanda, memulai percakapan dengan saya. Sumpah, ini cewek lebih tinggi dari saya, dan ehem ehem.. udahlah tak usah diteruskan. Intinya dia bertanya, saya berasal dari mana.

Where you come from Yudi?

Indonesia…

Yeah, I know you from Indonesia, and Indonesia is big country.

Aceh…

Where is it? Sebelah mananya Bali?

Tuh, benar ternyata saudara-saudara. Semua orang diluar sana lebih mengenal Bali bukan daerah lainnya. Dengan susah payah saya menjelaskan posisi Aceh dari Bali dan lebih dekat dari Malaysia. Saya juga menceritakan kalau dia harus ke Aceh. Dengan mengeryitkan jidatnya, Why?

Kenapa saya harus ke Indonesia, dan kenapa saya harus ke Aceh lebih dulu? Ini pertanyaan sederhana tapi bila di jawab akan menjadi sebuah laporan skripsi dengan tebal halaman lebih dari 50 lembar kertas.

Lomba Foto #MustGoIndonesia

bening bukan?
foto by : hikayatbanda.com

Menurut saya, wajar tatkala banyak turis dari luar negeri agak malas ke Indonesia. Mereka lebih senang ke negeri jiran ataupun Singapore. Karena kita sendiri tak mengenal Indonesia dengan sesungguhnya. Indonesia ini, begitu indah. Kita punya hutan hujan yang satwa dan floranya luar biasa. Kita, Indonesia, adalah Negara dengan 17.000 lebih pulau yang tersebar dari pulau Rondo di ujung barat Indonesia sampai papua di timur. Dari Rote di selatan sampai Miangas di ujung utara.

Bila satu hari satu pulau saja, maka sahabat ezytravelers membutuhkan 17.000 hari untuk mengelilingi semuanya, yang artinya, butuh waktu 46 tahun untuk bisa menyusuri setiap inci dari Negara indah ini. Dari manakah kita harus memulainya? Mengapa tidak memulainya dari ujung paling barat? Di mana titik nol Indonesia di mulai. Tugu Nol kilometer Indonesia ada di pulau Weh, kota Sabang, Provinsi Aceh. Itulah salah satu alasan kuat kenapa sahabat ezytravelers memulainya dari Aceh.

Lomba Foto #MustGoIndonesia

tugu nol kilometer dalam tahan renovasi
sumber foto : http://beardpacker.blogspot.co.id

Silahkan Baca Juga Tulisan ini: Menikmati Pulau Weh, Sabang 24 Jam

Saya sempat menjelaskan Jeanine, kalau Aceh juga indah. Aceh juga punya pulau-pulau keren, hutan hujan dengan satwa terbaiknya dan terlangka di dunia. Hanya di Aceh, kamu masih bisa melihat gajah Sumatra, harimau Sumatra, Badak cula dua yang hanya ada di Sumatra, dan orang utan yang masih hidup liar di alam. Kalau soal wisata diving, Aceh punya pulau weh dengan spot diving yang masuk 5 besar di Indonesia. Surfing? Parasailing? Di Aceh bisa.

Lalu, apa lagi yang menghalangi kamu untuk tidak jalan-jalan keliling Indonesia mulai dari Aceh? Mahal? Bingung? Galau? Ah dasar, anak jaman gadget, sedikit-sedikit galau, sedikit-sedikit baper. Padahal negeri ini indahnya luar biasa.

Ya sudah, bagaimana kalau saya katakan kamu bisa jalan-jalan ke Aceh atau ke Labuan Bajo, Gratis?!. Ini serius. Bukan candaan. Bukan hiburan buat kamu yang sedang galau apalagi baperan. Jadi begini, salah satu agen travel online (OTA) Ezytravel.co.id tengah mengadakan Lomba Foto yang hadiahnya cukup menarik. Apalagi kalau bukan kamu berkesempatan menikmati Indonesia yang semuanya ditanggung oleh ezytravel. Du du du..

Jadi begini, sebelum jauh melangkah, saya akan menjelaskan sedikit mengenai sayembara Lomba Foto #MustGoIndonesia. Ini adalah lomba foto yang akan dilaksanakan selama 6 Bulan! Dan setiap bulannya akan diumumkan sebanyak 3 pemenang. Dan tentu saja yang juara satu akan mendapatkan paket jalan-jalan dari ezytravel. Lalu, setiap pemenang akan diikutsertakan dalam Grand Prize yang hadiahnya kacau.

Apalagi mengunjungi salah satu tujuan destinasi Wisata Indonesia yang sedang naik daun. Labuan Bajo. Tiket? Tenang, 2 orang pemenang nantinya akan ditanggung tiket pulang pergi lengkap dengan hotel. Alamak…

Buruan langsung terbang ke Aceh! Pesan hotel murah & Tiket pesawat murah. Wow! Ada Paket perjalanan wisata murah juga untuk Ezytravelers.

Terus, bagaimana bila kamu ingin ikutan? Berhubung syarat dan ketentuannya cukup panjang, saya tak ingin menuliskannya di sini, mendingan kamu ke websitenya saja. Cilukba.

Dan, setiap bulannya akan ada tema foto yang berbeda-beda. Nah, kamu bisa pilih, kemampuanmu dan hobby fotomu di katagori yang mana.

  • Maret : Tempat wisata kuliner
  • April : Tempat wisata budaya
  • Mei : Tempat wisata belanja
  • Juni : Tempat wisata anti mainstream
  • Juli : Tempat wisata alam
  • Agustus : Tempat wisata sejarah
#MustGoIndonesia

Tema Lomba Foto Must Go Indonesia setiap bulannya

Masih bingung? Masih galau untuk mewujudkan mimpi keliling Indonesia dan jalan-jalan ke Aceh? Manfaatkan kamera handphone-mu, dan menangkan hadiahnya!



About

Saya, bapak beranak dua, menyukai jalan-jalan. Blogger ecek-ecek. Penulis Ecek-ecek tapi Mencintai Keluarga dengan Serius. Bisa di "booking" dr Blog ; www.hikayatbanda.com atau Email : yudi.randa@gmail.com atau dari @yudiranda untuk twitter.


'#MustGoIndonesia, Start From Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool