Manjakan Keluarga di Wahana Impian Malaka – Aceh Besar

Tepat sekali kabupaten yang berdampingan dengan Kota Banda Aceh ini disebut Aceh Besar. Banyak sekali hal besar yang terdapat di sana. Nyaris berbagai sektor: Industri bahkan Pariwisata. Bicara mengenai tempat wisata, Aceh Besar memiliki seribu satu pilihan. Salah satunya, Wahana Impian Malaka 69. Wahana Impian Malaka merupakan alternatif tempat wisata air yang tergolong baru di Aceh. Wahana ini dibangun pada tahun 2013 dan baru dibuka untuk pengunjung pada Agustus 2014, silam.

Wahana Impian Malaka 69

Kolam Renang di Wahana Impian Malaka

Anda pasti sedikit tergelitik dengan namanya; Malaka. Ya, bahkan saya juga demikian. Nama Malaka mengingatkan kita pada negara tetangga, yakni Malaysia. Entah kenapa di Aceh juga ada Kuta Malaka. Mungkin ini hanya kebetulan. Tapi, tidak dapat dipungkiri bahwa kita memang memiliki banyak kesamaan dengan mereka. Betapa tidak, karena memang kita bertetangga.

Baiklah, abaikan saja tentang namanya yang nyaris sama, yang jelas, ini beda. Wahana Impian Malaka terletak di Desa Lam Ara Eungkit, Samahani, Kecamatan Kuta Malaka – Kabupaten Aceh Besar. Pada lintas jalan Banda Aceh – Medan, KM 19. Tidak jauh dari pusat Kota Banda Aceh. Dengan mengendarai kendaraan berkecepatan sedang, selama kurang lebih 45 menit dari Kota Banda Aceh, kita akan tiba di Wahana Impian Malaka.

Wahana Impian Malaka

Wahana Impian Malaka

Dari jalan utama, sebelum berjumpa dengan pasar Samahani, kita akan menjumpai dua jalur di sebelah kanan dengan papan petunjuk Wahana Kuta Malaka. Ikuti saja petunjuk itu.  Semula memang akan terasa lengang dan sepi. Sepanjang jalan menuju Wahana Kuta Malaka memang tidak padat penduduk. Hanya beberapa rumah warga saja yang berada di sana. Namun, setiba di lokasi, kita akan tercengang dengan keramaiannya.

Banyak sekali pengunjung yang datang untuk memanjakan keluarganya di sini. Kita akan mendapati lapangan parkir yang luas dipadati oleh mobil dan sepeda motor berjejar rapi. Letaknya jauh dari hingar-bingar jalan raya, sehingga menciptakan suasana tenang dan damai, udaranya sejuk. Belum lagi saat kita sudah masuk ke dalam, beberapa kolam renang dengan airnya yang biru segar menggoda kita agar tidak berlama-lama lagi untuk menceburkan diri ke dalamnya.

Wahana Impian Malaka

Kolam renang untuk dewasa, dekat dengan Saung

Mengenai tiket masuk, di Wahana Impian Malaka ini dikenakan tarif Rp. 30.000,-/ orang pada hari Sabtu dan Minggu, sedangkan pada hari kerja, setiap pengunjung dipungut biaya hanya Rp. 25.000,-/ orang. Selain itu, kabarnya, untuk pengunjung anak-anak dengan rombongan minimal 30 orang, bahkan dikenakan potongan harga, yakni Rp. 15.000,-/ orang. Dengan membayar sejumlah yang telah saya sebutkan, semua orang bebas bermain air, puas-puasin dari pagi sampai sore, karena Wahana Impian Malaka ini dibuka mulai pukul 08.30 am sampai 06.00 pm.

Di Wahana Impian Malaka terdapat beberapa kolam renang yang luas, dengan kedalaman variatif, sesuai usia. Ada untuk dewasa, anak-anak, bahkan balita. Terdapat beberapa seluncuran dengan ketinggian variatif juga, ada yang bahkan tingginya sampai 20 meter. Kita dapat menikmati waterboom-nya sampai puas.

Seluncuran waterboom di kolam anak-anak

Seluncuran waterboom di kolam anak-anak

Selain itu, terdapat beberapa fasilitas lainnya di Wahana Impian Malaka, yakni kantin/ warung nasi, mini market, tempat lesehan, panggung, ruang pertemuan, dan beberapa pondok yang cukup luas. Ruang ganti dan kamar mandinya cukup memuaskan. Tempatnya bersih, lengkap dengan shower. Ada petugas yang senantiasa menjaga kebersihan, demi kenyamanan pengunjung. Kita sadari, di mana pun tempat wisata, urusan kamar mandi memang harus menjadi perhatian, sebab setiap pengunjung akan membutuhkannya. Kondisi kamar mandi yang baik akan membuat pengunjung nyaman.

Bagi pengunjung hendak menunaikan shalat, tidak perlu bingung, karena tersedia Mushalla yang dibangun di tengah-tengah wahana.

Setelah lama berendam diri dalam air, tentunya kita akan merasa lapar. Berbetulan pada area Wahana Impian Malaka juga terdapat warung yang menjajakan roti selai Samahani. Ini akan menjadi pilihan yang cocok untuk mengganjal perut, sekaligus memuaskan diri menikmati panganan fenomenal yang cukup dikenal khas Aceh.

Dengan begitu banyak permainan air di Wahana Impian Malaka ini, rasanya tidak asik jika hanya pergi sendiri atau berdua, melainkan bersama keluarga dan sahabat. Seperti yang dilakukan oleh Zahara. Disela kesibukan kerjanya, diakhir pekan ia menyempatkan diri berlibur, mengajak seluruh keluarga untuk menikmati indahnya wisata air di Wahana Impian Malaka.

Bersama Keluarga menikmati sensasi berenang di WIM

Bersama Keluarga menikmati sensasi berenang di WIM

Sensasi mandi di kolam renang yang sejuk dan waterboom-nya seakan mampu meluruhkan semua lelah kerja yang menumpuk sepekan. Tidak hanya itu, berwisata bersama keluarga dapat menciptakan begitu banyak energy positif. Kita akan merasakan kembali banyak hal yang mungkin saja telah hilang, imbas dari kerenggangan akibat sibuk dengan kerjaan masing-masing. Memupuk kembali keakraban, keceriaan dan canda tawa.

Wahana Impian Malaka sangat cocok menjadi pilihan Anda untuk berwisata dengan keluarga. Bagaimana, menarik? Ayuk berlibur!



About

Muslimah. Gemar membaca dan menulis. Pegiat di Forum Lingkar Pena dan Gaminong Blogger. Kontributor beberapa media. Berkicau di @ainiazizbm, IG @ainiazizbeumeutuwah. Kunjungi saya di https://www.ainiaziz.com/


'Manjakan Keluarga di Wahana Impian Malaka – Aceh Besar' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool