Air Terjun Tahura PMI

Menyusuri Wisata Alam Taman Hutan Raya Aceh Besar

Aceh Besar merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang letaknya berdampingan dengan Kota Banda Aceh. Kabupaten ini memiliki pesona alam yang begitu indah dan menawarkan banyak destinasi wisata. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan (Tahura PMI) salah satunya. Wisata alam ini terletak diantara kaki Gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong, Saree, Kecamatan Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar. Sektor wisata satu ini sedang digandrungi oleh masyarakat Banda Aceh dan tak terkecuali masyarakat Aceh Besar sendiri.

Taman Hutan Raya Aceh

Untuk masuk ke Tahura PMI, kita harus melapor terlebih dahulu pada pos penjagaan komplek kantor unit pengelola Tahura PMI. Baru kemudian kita diizinkan masuk. Di komplek ini pun ada beberapa spot yang dapat dinikmati oleh pengunjung, seperti berkunjung ke rumah pohon, trekking, dan bahkan tujuan awalnya saya bermain ke Tahura karena teman saya ingin melihat gajah. Namun sayangnya, gajah-gajah tersebut sedang dilepaskan dan kemungkinan berada di lembaga penangkaran yang terletak tidak jauh dari Tahura. Akhirnya pun kami menyusuri komplek kantor unit ini untuk mengunjungi rumah pohon.

Rumah Pohon

Rumah Pohon

Melewati jalan setapak menuju rumah pohon, pengunjung akan menemukan rumah yang mirip dengan rumah di serial Scooby-doo. Rumahnya bernuansa cokelat dan terbuat dari papan. Konon katanya pernah terjadi pembantaian di rumah tersebut saat masa konflik. Dibelakang rumah ini lah rumah pohon Tahura berada. Rumah pohon ini semacam pondok yang dibangun diantara dua pohon pinus yang digunakan sebagai penyangga. Batang pohon pinus ini kokoh dan terdapat tangga untuk menuju ke rumah pohon tersebut. Di rumah pohon, pengunjung bisa mengambil foto dengan background hutan pinus di kaki gunung seulawah.

Memiliki luas 6.300 hektare, Tahura PMI ini didominasi alang-alang, kayu pinus dan akasia. Fauna yang dapat ditemukan disini seperti rusa, babi hutan, landak, kancil, ayam hutan, burung dan monyet ekor panjang. Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan ini dikelola oleh Dinas Kehutanan Aceh. Sudah ada sejak tahun 2001, namun sebelumnya wisata ini dinamakan Taman Hutan Raya Cut Nyak Dhien.

Selain rumah pohon, spot lain yang menarik perhatian pengunjung adalah air terjun tahura. Berbicara tentang air terjun, jalan menuju ke air terjun akan menjadi tantangan tersendiri bagi pengunjung. Bagi yang menyukai mendaki, tentu akan menyenangi perjalanan ini. Air terjun terletak di seberang jalan dari komplek kantor unit pengelola Tahura. Menuju air terjun tersebut pengunjung akan dibimbing oleh Polisi Hutan Tahura. Pengunjung hanya membayar Rp 5.000 – 10.000 per orang untuk menuju tempat tersebut. Menuju lokasi air terjun rasanya cocok sembari menyanyikan original soundtrack Ninja Hattori. Mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudera. Bersama teman berpetualang!

Hutan Lembah Seulawah

Menyusuri Hutan Lembah Seulawah

Memasuki hutan menuju air terjun, awalnya pengunjung akan menemui jalan beraspal, tetapi kemudian semakin jauh berjalan, jalan aspal tidak dapat ditemukan lagi. Hanya tersisa jalan setapak dengan alang-alang menghiasi. Bagi pengunjung yang menyukai dandelion, anda akan menemukan banyak disini. Saat menuju objek wisata air terjun pengunjung akan disuguhkan panorama alam yang masih natural dan terawat dengan baik. Panorama ini akan begitu melalaikan mata. Saat itu, pembimbing jalan senantiasa mengingatkan saya yang keasyikan mengabadikan panorama tersebut lewat kamera untuk bergegas berjalan kembali menyusuri hutan karena perjalanan masih panjang. Terlihat pohon pinus dengan tinggi 6 hingga 7 meter dengan daun pinus yang runcing berdiri berjejer mengarah ke arah langit. Jika terik, terlihat kaki langit dicelah-celah pinus dengan siluet yang mengagumkan. Perjalanan menuju air terjun ditempuh kurang lebih selama 1 jam. Lelahnya naik turun hutan di lembah seulawah, akan tergantikan dengan segarnya air terjun disini.

Air Terjun Tahura PMI

Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan diambil dari nama seorang tokoh perempuan Aceh. Pocut Meurah Intan adalah keturunan dari kalangan Kesultanan Aceh. Pocut Meurah Intan adalah seorang  perempuan yang tangguh dan tidak gampang menyerah meskipun Ia berperang seorang diri. Bermodalkan rencong, beliau menusuk seluruh pasukan marsose yang mengejarnya, sekitar 18 orang marsose, tanpa takut. Karenanya untuk menghormati sosok wanita terhormat tersebut dan agar generasi saat ini tidak lupa akan kehadiran perempuan yang gagah berani itu maka disematkanlah nama beliau di Taman Hutan Raya Aceh Besar ini.

Tahura PMI menjadi tempat yang ramai dikunjungi pada hari libur. Cukup menempuh 1-1,5 jam perjalanan dari Kota Banda Aceh menuju Saree. Selama perjalanan pun anda akan mengenang kembali lagu di masa kanak-kanak. Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali. Kiri kanan kulihat saja banyak pohon cemara.



About

Dental student, Aviation Enthusiast, Plane Addict, Sky Lover, Flashpacker, Amateur Designer and Typographer, Nocturnal.


'Menyusuri Wisata Alam Taman Hutan Raya Aceh Besar' have 8 comments

  1. June 25, 2015 @ 1:10 pm Dora Asra

    ternyata banyak juga ya yang bisa dinikmati dalam Tahura ini,

    Reply

    • June 25, 2015 @ 5:06 pm Risa Rahma Putri

      Sudah pernah kemari belum kak? ayo kapan-kapan explore tahura lebih dalam lagi 😀

      Reply

  2. June 25, 2015 @ 4:53 pm momtraveler

    Air terjunnya segeer bangeet ya kayanya. Insyaallah klo pulang kampung mo main kesini ah
    Salam kenal ya 🙂

    Reply

    • June 25, 2015 @ 5:11 pm Risa Rahma Putri

      Ayo kak main kemari. Panorama selama perjalanan ke tahura maupun ke air terjunnya juga ga kalah seger 😀
      salam kenal juga ya, Kak Muna.

      Reply

  3. June 25, 2015 @ 6:37 pm khairiah

    Belum pernah kemari, kayanya seru yaa

    Reply

  4. September 5, 2015 @ 3:12 am pohon pinang

    ayo buruan merapat ketahura pocut meurah intan

    Reply

  5. October 16, 2015 @ 4:15 am ahmad saepudin

    berapa ongkos nya dari jabar ke aceh hi hi hi …aduh pengen aku seger kayanya tuh,masih alami keliatan nya

    Reply


Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool