Mie Aceh

Mie Aceh Spesial Kepiting; Santap Sekali, Jangan Sungkan Untuk Nambah Lagi

Jika anda berkesempatan mengunjungi Aceh, pastikan untuk tidak melewatkan wisata kuliner disini. Aceh memiliki banyak kuliner yang patut di coba. Kuliner aceh terkenal dengan bumbu dan rempah-rempah pilihan yang merupakan perpaduan berbagai macam kebudayaan. Menyantap kuliner suatu daerah memang lebih afdhal di daerahnya sendiri. Begitu juga jika anda ingin menyantap kuliner aceh memang lebih enak jika menyantapnya langsung di Aceh.

Adalah kuliner aceh yang satu ini disajikan dengan direbus, digoreng kering dan digoreng basah. Keberadaannya sendiri sudah terkenal ke seluruh nusantara. Palembang, Jakarta, Yogyakarta, dan kota-kota lainnya di Indonesia juga ikut menyediakan kuliner satu ini. Terutama bagi Anak Aceh rantau, hal ini lumayan buat mengobati rasa ngidam ingin mencicipi kuliner ini. Nah, tahukah anda kuliner apa yang saya maksud?

Ya, mie aceh. Mie aceh rasanya nikmat. Sekilas tentang mie aceh, makanan ini berupa mie kuning dengan rasa rempah yang kuat yang bisa disajikan berupa mie rebus, mie goreng kering ataupun mie goreng basah. Mungkin anda terdengar aneh dengan mie goreng basah. Bukannya kalau sudah di goreng seharusnya tidak basah? Nah lho. Jadi, mie goreng basah ini adalah mie yang disajikan dengan sedikit kuah, tidak penuh seperti mie rebus. Dijawa, mungkin bisa disamakan dengan mie nyemek. Meski cara penyajian berbeda, kenikmatan mie aceh tetaplah sama.

Mie Aceh

Mie Kuning
(bismacenter[dot]ning[dot]com)

Suatu ketika pernah saya ingin mencoba sate padang langsung dari asalnya. Saya pun mengutarakan bahwa saya ingin mencoba sate padang pada teman saya yang berasal dari Padang. Teman saya pun terbahak dan menjelaskan bahwa di Padang disebut sate saja. Begitu juga dengan mie Aceh. Jika anda sudah di Aceh, anda tidak akan menemukan yang namanya mie aceh. Hanya ada mie sesuai dengan penyajian yang disebutkan diatas, mie goreng atau mie rebus. Nah, mie aceh ini paling nikmat jika dipadukan dengan seafood, terutama kepiting. Paling enak disajikan dengan kepiting utuh segar dengan tumisan rempah-rempah pilihan dari Aceh. Mie Aceh spesial kepiting ini sebenarnya sama saja dengan mie kepiting lainnya, namun rasa kaldu yang begitu nikmat dan maknyus membuat siapa saja yang mencobanya akan ketagihan, teman-teman saya yang merupakan tamu dari luar Aceh kerap mengatakannya demikian.

Mie Aceh

Seorang teman sedang menikmati mie kepiting

Di Kota Banda Aceh, banyak tersedia mie kepiting ini. Juga di warung mie di Aceh Besar hingga Aceh Barat  pun menyediakannya. Di Aceh Barat, banyak warung-warung yang menyediakan mie kepiting ini yang berada di jalan raya Banda Aceh Meulaboh. Karena berlokasi di pinggir jalan raya, warung-warung disini sangat gampang ditemukan.

Bagi penggemar mie dan kepiting, setibanya di Aceh jangan lupa mencoba mie aceh speial kepiting ini. Kebanyakan kepiting-kepiting ini merupakan hasil dari pembudidayaan. Rasa kepiting yang gurih bercampur dengan kuah mie yang kental berwarna coklat kemerahan.  Porsi mie kepitingnya pun terbilang jumbo. Satu piring mie aceh anda bisa mendapatkan 2-3 kepiting didalamnya. Sebagai hiasannya, mie aceh kepiting disajikan dengan cabe rawit, acar bawang dan mentimun serta kerupuk. Seporsi mie kepitingnya sendiri dibandrol dengan harga (berkisar dari) Rp 30.000 – Rp 45.000. Untuk menikmati kepitingnya, anda bisa menggunakan penjepit untuk menghancurkan cangkang atau bisa dengan menggigit langsung kepiting tersebut. Jika anda kepedasan, anda bisa menikmati es teh manis, air mineral, minuman ringan dan berbagai jus yang tersedia di warung.

Mie Aceh

Seorang teman sedang berusaha membunka cangkang kepiting

Bagaimana? Penasaran dengan rasa mie aceh spesial kepiting? Segera tambahkan ke daftar kuliner yang wajib anda coba saat mampir ke Aceh.Jika sudah menyantap sekali, jangan sungkan untuk nambah lagi.

Mie Aceh

Mie Aceh Spesial Kepiting



About

Dental student, Aviation Enthusiast, Plane Addict, Sky Lover, Flashpacker, Amateur Designer and Typographer, Nocturnal.


'Mie Aceh Spesial Kepiting; Santap Sekali, Jangan Sungkan Untuk Nambah Lagi' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool