penghasil kopi terbaik di Aceh

Gayo, Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Aceh (INFO)

Kopi Aceh merupakan kopi asal Belanda tepatnya dibawa salah seorang pengusaha asal Belanda di Abad XVII melewati Batavia kemudian masuk menuju Aceh. Jenis kopi yang diperkenalkan pertama kali adalah jenis kopi Arabica lalu berkembang menjadi berbagai macam jenis kopi.

Di dunia sendiri, kopi dapat dibedakan berdasarkan 2 jenis, yakni kopi Robusta dan kopi Arabica. Kedua macam kopi tersebut, dibudidayakan masyarakat Aceh. Kopi berjenis Arabica biasanya dibudidayakan di area dataran tinggi berupa tanah Gayo, mencakup Aceh Tenggara, Gayo Lues dan Takengon. Sementara di Aceh Barat dan Kabupaten Pidie, masyarakat umumnya lebih mengembangkan jenis kopi Robusta.

penghasil kopi terbaik di Aceh

Kopi Arabica Gayo. Sumber: Wikipedia

Kondisi alam yang subur di Aceh dengan kondisi cuaca yang juga mendukung, membuat tanaman kopi di Aceh berkembang hingga menjadi komoditas menguntungkan dan bermutu tinggi. Indonesia sendiri termasuk negara yang mengekspor biji kopi paling besar keempat di dunia, Aceh termasuk salah satu dari penghasil kopi yang terbesar karena bisa menghasilkan 40% biji kopi Arabica premium terhadap total panen biji kopi di tanah air.

Tahukah ezytravelers dimana daerah penghasil kopi terbaik di Aceh?

 

Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Indonesia

penghasil kopi terbaik di Aceh

Biji Kopi Gayo. Sumber: resepkopihitam(dot)blogspot(dot)com

Gayo merupakan penghasil kopi terbaik di Aceh bahkan di dunia. Gayo sendiri adalah nama yang berasal dari suku yang ada di Aceh. Wilayah yang telah didiami oleh masyarakat Gayo ini disebut juga dengan nama negeri di atas awan. Hal tersebut disebabkan saat mendung datang, kumpulan awan pun menyelimuti hampir keseluruhan dataran tinggi di Gayo, terletak di Bukit Barisan. Saat itulah wilayah dataran Gayo tampak terlihat seperti tengah di atas awan.

Posisinya yang dikelilingi deretan Bukit Barisan, menjadikan wilayah Gayo tersebut diselimuti oleh hawa sejuk, pemandangan alam indah dan udara yang sangat bersih. Keberadaan danau yang terletak di tengah kota Takengon, Aceh Tengah, menjadikan pesona alam di Gayo sangat memukai. Gayo sebagai penghasil kopi terbaik di Aceh mempunyai areal perkebunan kopi yang terluas di tanah air, yakni mencapai 94.800 hektar. Dengan luas tanaman kopi yang berada di Aceh Tengah sekitar 48.000 hektar, 7.800 hektar di Kabupaten Gayo Lues dan Beher Meriah mencapai 39.000 hektar.

 

Perkebunan kopi untuk warga di Kabupaten Bener Meriah dan di Kabupaten Aceh Tengah sendiri adalah urat nadi bidang perekonomian paling menonjol, di samping perdagangan sayuran seperti halnya wortel, kubis atau kol, cokelat dan cabai. Sebagai salah satu komoditar ekspor, sebanyak 27.953 keluarga yang ada di Aceh Tengah turut menggantungkan hidup dengan budidaya kopi dengan areal seluas 46.392 ha, yang rata-rata menghasilkan 720,7kg/ha/tahun. Kopi gayo Aceh ini cukup populer di dunia sebab menawarkan kenikmatan dan aroma khas.

penghasil kopi terbaik di Aceh

Gayo, penghasil kopi terbaik di Aceh. Sumber: a-pradana(dot)net

Penghasil kopi Gayo Aceh sendiri berasal dari perkebunan rakyat yang ada di dataran tinggi Gayo, di Kabupaten Aceh Tengah dan Gayo Lues. Di daerah itulah kopi ditanam melalui cara organik dengan tanpa kontaminasi bahan kimia, dengan begitu kopi ini dikenal juga sebagai kopi yang ramah lingkungan. Bahkan kopi Gayo sendiri disebut-sebut termasuk kopi organik yang terbaik di dunia.

Lokasi dataran tinggi Gayo dengan lokasi sekitar 320 km dari pusat kota Banda Aceh termasuk salah satu sentra produksi tanaman kopi terbesar di provinsi Aceh, sekaligus Indonesia. Dimana perkebunan kopi yang sudah dikembangkan mulai tahun 1908 tersebut tumbuh subur di tiga daerah yang telah disebutkan di atas, seperti Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues.

2017 Udah gak jaman jalan-jalan mahal! Cari hotel murah dari sekarang, ambil promo diskon dan temukan tips liburan keren.

 

Produksi Kopi Gayo

penghasil kopi terbaik di Aceh

Produksi Kopi Gayo. Sumber: panduanwisata(dot)id

Walau nama jenis kopi ini masuk ke dalam kopi dengan specialty terbaik yang ada di dunia, akan tetapi pasaran kopi di dalam negeri sendiri, nama kopi Gayo ini masih kurang dikenal. Justru kebanyakan para konsumen kopi di Indonesia lebih mengenal jenis kopi Solong dan Ulee Kareng. Selain itu, kedua produk kopi itu pun banyak digemari masyarakat, sebab bahan kopinya memadukan antara kopi robusta dan Arabica. Sedangkan kopi Gayo sendiri berbahan murni asli kopi Arabica terbaik.

Produksi kopi dataran tinggi Gayo sendiri telah diekspor hingga ke sejumlah negara yang ada di dunia. Berdasarkan uji cita rasa, jenis kopi Gayo mempunyai peringkat premium, hingga kini telah diekspor ke sebanyak 17 negara yang ada di benua Eropa, kemudian Amerika Serikat serta sebagian negara yang ada di kawasan Asia.

Berdasarkan data, Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah mempunyai lahan perkebunan kopi paling luas, yakni 48.101 ha dan 48.300 ha secara berturut-turut. Sementara Kabupaten Gayo Lues sendiri menduduki peringkat kelima penghasil kopi Gayo yang memiliki luas lahan total 4.652 Ha. Untuk posisi ke-3 dan ke-4 sendiri diisi Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Pidie, dengan masing-masing seluas 5.448 ha dan 9.540 ha. Untuk produksi kopi gayo yang dihasilkan sendiri masih terbilang rendah, yakni hanya 720/kg/ha/th.

Kalau Ezytravelers sendiri sudah pernah mencoba kopi yang dihasilkan langsung oleh Gayo, daerah penghasil kopi terbaik di Aceh ini?




'Gayo, Daerah Penghasil Biji Kopi Terbaik di Aceh (INFO)' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool