Siapkan Ini Jika Ingin Menikahi Gadis Aceh

Gadis Aceh masih menjadi sesuatu sampai saat ini. Walaupun marak sekali menikah dengan “harga” murah tetapi gadis Aceh tetap memiliki mahar dengan cukup signifikan. Berminat menikahi gadis Aceh? Anda – laki-laki – siapkan dahulu beberapa perkara ini!

Mahar

Mahar wajib dalam Islam. Islam pun tidak membatasi besar kecilnya. Namun di Aceh, mahar itu ibarat harta benda yang mewah sekali walaupun usai pesta pernikahan habis semua. Seorang laki-laki yang ingin menikahi gadis Aceh setidaknya menyiapkan mahar terlebih dahulu, bukan soal disetujui oleh kedua orang tua perempuan yang ingin dilamar. Mahar sudah ada, kata setuju itu tak pernah bisa dielak saat pertemuan dua keluarga.

Berapa besar mahar yang harus disiapkan oleh seorang laki-laki? Mahar itu ditentukan oleh kebiasaan di suatu tempat. Ada yang memandang derajat, ada yang memandang keluarga, ada yang memandang kecantikan bahkan kembali pada mahar ibu kandung. Aturan terakhir yang biasanya digunakan dalam melamar seorang gadis di Aceh. Pertemuan keluarga biasanya mengacu pada mahar ibu kandung si gadis. Mahar yang ditetapkan boleh sama dengan ibu kandung tetapi tak boleh kurang dari itu.

Mahar apa yang wajib di Aceh? Tentu saja emas! Tak main-main, umumnya emas yang harus dikeluarkan oleh seorang laki-laki dalam melamar antara 10-20 mayam. Satu mayam sama dengan 3,3 gram. Dengan harga emas yang naik-turun, bisa dipastikan berapa biaya mahar yang harus dikeluarkan oleh seorang laki-laki di Aceh.

Mahar di Aceh - pelanginetponsel.com

Mahar di Aceh – pelanginetponsel[dot]com

Uang Hangus

Di sebagian daerah, selain mahar terdapat uang hangus. Uang hangus ini ditentukan saat proses lamaran dengan ketentuan digunakan sebagai isi kamar atau sejenisnya. Patokan uang hangus bisa antara 2-5 juta rupiah sesuai kesepakatan. Uang hangus memang tidak wajib seperti mahar tetapi wajib dipenuhi jika telah masuk ke dalam akad lamaran.

Peunuwo

Peunuwo adalah seserahan dari mempelai laki-laki untuk mempelai perempuan. Peunuwo berupa kebutuhan seorang perempuan mulai dari kosmetik, setelan pakaian, sepatu, tas dan lain sebagainya. Peunuwo ini diberikan pada saat antar linto.

Untuk membawa peunuwo tentu saja tidak main-main. Estimasi biaya bisa Anda perkirakan sendiri. Mau mempelai perempuan tampil cantik dan elegan setelah menikah, tentu saja harus memberikan peunuwo “berkelas” tetapi jika ingin tampil biasa-biasa saja ya bisa memberi yang biasa pula. Memang rumit perkara ini, tetapi peunuwo tetap wajib walaupun tidak disebutkan dalam akad lamaran seperti halnya mahar.

Peunuwo di Aceh - lismalinda.blogspot.com

Peunuwo di Aceh – lismalinda[dot]blogspot[dot]com

Antar Linto

Setelah cobaan materi, cobaan mental datang di hari antar linto. Antar linto dilakukan dalam rangka mempererat silaturahmi antara kedua keluarga mempelai. Hal remeh-temeh terjadi di hari antar linto ini, mulai dari pakaian adat yang wajib dipakai sampai acara selesai, prosesi pertemuan keluarga dan adat yang tak habis-habisnya.

Pada prosesi ini ujian terberat adalah mental yang kuat. Harus siap dikatakan “ganteng”. Harus siap diminta foto oleh siapa saja. Harus siap ditepung-tawari oleh saudara/kerabat dekat dari dua belah pihak. Harus siap kantong besar supaya salam tempel dari orang-orang yang mempeusijuk tidak terjatuh ke mana-mana.

Antar linto di Aceh - majalah.weddingavenuemagazine.com

Antar linto di Aceh – majalah[dot]weddingavenuemagazine[dot]com

Ba Bue

Hari bahagia tentu saja saat mendapat kabar istri mengandung. Anda calon seorang ayah yang baru menikah di Aceh, siapkan dana untuk prosesi ba bue. Ba Bue juga disebut dengan jok bue keu bidan (memberi nasi kepada bidan), atau sejenisnya. Namun, proses ba bue ini tak lain sebagai memberi makan kepada ibu hamil.

Orang tua dari calon ayah – pihak laki-laki – wajib mengantarkan nasi kepada istrinya yang sedang mengandung. Proses ini juga dilakukan dengan besar-besaran. Nasi yang diantar tak cukup satu rantang saja. Beragam menu dalam jumlah besar wajib diantar. Biasanya, ba bue ini ditunaikan ketika perut istrinya telah memasuki usia kandungan tujuh bulan lebih. Dan, sebelum mertua menunaikan prosesi ini, orang lain belum dibolehkan untuk mengantarkan nasi terlebih dahulu.

Ba Bue Ibu Hamil di Aceh - helloacehku.com

Ba Bue Ibu Hamil di Aceh – Nurhasanah HelloAcehku.com

Jika dipikir-pikir, berat memang menikahi gadis Aceh. Di sini, begitulah keadaannya. Anda tertarik menikahi gadis Aceh?



About

Pemimpi|www.bairuindra.com|@bairuindra


'Siapkan Ini Jika Ingin Menikahi Gadis Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool