tempat wisata di Aceh

Tidak Perlu Ke Bali untuk Menikmati Pantainya, di Aceh Ada Juga Pantai Bali

Bali, siapa sih enggak kenal dengan provinsi yang kaya dengan tempat wisata ini. Semua orang ingin ke Bali, kecuali saya yang sudah cukup di kampung saja, karena di tempa tinggal sekarang, Aceh Barat Daya, ada pantai yang namanya juga Bali, tepatnya Pantai Bali. Entah siapa yang pertama sekali menyebut seperti itu, yang pasti, sejak saya pindah kerja ke Blangpidie, Pantai Bali menjadi tempat wisata terbaru di Aceh yang wajib dikunjungi di tahun 2017 ini, selain Pantai Jilbab dan pantai lain tentunya.Tempat wisata terbaru di Aceh Barat Daya? Untuk yang sering ke Pantai Bali Abdya pasti bingung kenapa saya menamakan pantai ini sebagai tempat wisata terbaru di Aceh. Baru darimananya coba karena sebenarnya pantai ini sudah lama ada. Saya mengatakan Pantai Bali sebagai tempat wisata terbaru di Aceh Barat Daya karena setelah dua tahun di Abdya, baru beberapa waktu yang lalu saya kesana. Selama ini saya hanya ke Pantai Jilbab tetapi karena abrasi pantai ini mulai sepi dari pengunjung.

tempat wisata terbaru di Aceh

Nah, apa istimewanya Pantai Bali Abdya? Jujur saja, sebenarnya pantai ini sama seperti pantai yang lain di Aceh. Namun, Pantai Bali di Abdya ini tidak seperti di Bali yang banya bule yang berjemur. Disini yang namanya orang berjemur itu barang langka, yang sering dijemur paling baju sama ikan asin. Disini juga tidak ada beach boy atau beach girl yang menajawarkan jasa urut-urut seperti di Bali, yang ada hanya beberapa lapak yang menjual kelapa dan beberapa makanan ringan. Terus kalau enggak istimewa, kenapa juga dinamakan Pantai Bali? Justru ini menariknya, karena Bali ini adanya di Aceh, jadinya ikut gaya Aceh dong.

Pantai Bali Abdya ini adalah tempat yang paling cocok untuk mencari kesepian, bukan keramaian seperti di pantai yang ada di Bali. Disini kamu bisa santai dibawah pohon cemara yang baru tumbuh, menikmati tiupan angin Lautan Hindia yang sepoi-sepoi. Sambil memandang jauh ke depan, ke lautan yang tak ada batas, karena batas daratan selanjutnya kalau dilihat di peta adalah benua Afrika. Di Pantai Bali Abdya ini kamu bisa menikmati segarnya air kelapa muda yang dihidangkan oleh kakek-kakek tua yang pakai baju alakadarnya, kebalikan dengan di Pulau Dewata dimana pelayannya biasanya wanita cantik dengan polesan make up. Disini kamu  bisa menikmati ketenangan dan kesenangan ala kampung, yang jauh dari hiruk pikuk kota, atau ramainya wisatawan lalu lalang yang kadang membuat pusing kepala. Bahkan kalau mau lebih private, kamu datang saja saat jam kerja, jam 10 pagi misalnya, bisa dipastikan cuma kamu sendiri pelanggannya, hebat bukan?

Pantai Bali Abdya ini terletak di Gampong Ladang Kecamatan Susoh. Untuk bisa mencapai tempat wisata terbaru di Aceh Barat Daya ini, Ezytravelers bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Dari Blangpidie terus saja melaju ke Susoh. Ketika tiba di simpang Lawang, beloklah ke kiri dan lurus. Kamu akan melewati Pantai Jilbab dan perkampungan nelayan, hingga ke ujung jalan, dimana tidak ada jalan lagi karena sudah berpapasan dengan laut. Disitulah kamu menemukan Pantai Bali. Kalau kesini enaknya juga sendiri, jangan ramai-ramai. Karena kalau ramai-ramai, privasi kamu juga bakal hilang, tidak terasa lagi seperti pantai pribadi.

tempat wisata terbaru di Aceh

Anak-anak kampung Ladang yang sedang bermain di Pantai Bali

Oh ya, selain waktu siang, kamu juga bisa ke Pantai Bali ini waktu malam, setelah shalat isya lah, karena memang area ini sudah disiapkan si pemilik kedai untuk juga bisa dikunjungi pada saat malam. Lampu-lampu kecil juga sudah dipasang, dan kalau malam baiknya kamu datang dengan kawan, bukan dengan pacar, karena bisa-bisa kamu akan ditangkap oleh warga.

Pulang dari tempat wisata terbaru di Aceh Barat Daya ini, Pantai Bali ini, kamu bisa lewat jalan yang sama, bisa juga lewat perkampungan warga, tinggal ikutin jalan saja, ujungnya pasti sampai ke jalan nasional. Nah, kalau pulangnya lewat jalan TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Ujuong Serangga Susoh tadi, adanya baiknya kamu masuk ke komplek TPI juga, karena disana ada juga tempat wisata warga sekitar, yang sering duduk santai sore-sore sambil makan jagung rebus atau kacang tanah yang dijual disana. Kalau mau kelapa muda juga ada. Kalau mau buat acara bakar-bakar (bakar ikan maksudnya) tinggal beli saja ikan di TPI itu. Kalau sore hari, banyak sekali ikan kerapu, kakap, dan beraneka ikan karang lain di sana.

tempat wisata terbaru di Aceh

Terakhir, pasti Ezytravelers bingung kenapa tempat wisata terbaru di Aceh Barat Daya ini dinamakan Pantai Bali. Tadi saya mengatakan kalau suasana di pantai ini jauh sekali berbeda dengan di Bali, tapi kok bisa ya dinamakan Pantai Bali? Ternyata selidik punya selidik, sebenarnya pantai ini bernama penamaan Pantai Bali ini karena menurut penduduk kampung yang sudah pernah ke Bali, pantai ini indah seperti pantai di Bali. Oleh karena itu, dinamakanlah pantai yang terdapat di Gampong Ladang Susoh itu dengan Pantai Bali.

Mau jalan-jalan ke Aceh? Temukan berbagai pilihannya di sini: hotel, buat visa online, dan tiket pesawat


About

Liza Fathiariani, blogger, traveler, and medical doctor. Author of www.liza-fathia.com and contributor of helloacehku.com


'Tidak Perlu Ke Bali untuk Menikmati Pantainya, di Aceh Ada Juga Pantai Bali' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool