Weekend? Ajak Keluargamu ke 5 Pantai Aceh Ini

Weekend sebentar lagi, tidak ada salahnya mulai mempersiapkan liburan singkat bersama keluarga sambil melepas penat setelah lima hari beraktifitas penuh di luar rumah. Anak-anak biasanya langsung menodongi orang tua mereka dengan pertanyaan “Ayah, ke mana besok kita berlibur?” Bahkan mereka pun mengerti kepenatan di ruang kelas yang harus disingkirkan untuk menumpulkan pikiran mereka yang sebenarnya butuh penyegaran.

Wisata Keluarga di Aceh

Libur telah tiba, serasa hidup bisa sangat berbahagia walaupun hanya dengan menaiki ayunan di pantai.
Lokasi: Pantai Pulo Kapuk Lhoknga

Bercerita mengenai wisata keluarga, Aceh memiliki banyak sekali tempat wisata yang dapat dijadikan keluarga untuk menghabiskan weekend bersama-sama. Beberapa keluarga lebih menikmati liburan dengan jalan-jalan ke beberapa taman kota ataupun menghabiskan waktu untuk kuliner dan bermain-main di mall.

Namun, jika hari sedang menunjukkan kecerahan tingkat dewa, ada baiknya kamu dan keluargamu menghabiskan liburan di beberapa pantai yang berada di sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar. Sebab biasanya, keindahan pantai di Aceh ketika cuaca sedang cerah menjadi semakin berlipat dan merupakan hari yang tepat untuk berenang di laut dan memanjakan diri dengan butiran pasir di pantai.

Tak dapat dipungkiri bahwa Aceh telah terkenal dengan wisata pantai yang begitu indah. Namun, jika kita memilih destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, pastinya kita akan memilih destinasi yang memiliki prioritas aman sebagai urutan yang pertama. Tidak semua pantai di Aceh cocok sebagai tempat berenang, dan tidak semua pantai di Aceh memiliki akses yang memudahkan keluarga untuk berlibur, hingga menyediakan sarana dan prasarana yang memadai.  Berikut ini adalah lima rekomendasi pantai terbaik di sekitaran Banda Aceh dan Aceh Besar yang biasanya dipilih oleh sebagian besar masyarakat Aceh untuk menghabiskan waktu liburannya bersama keluarga.

1. Pantai Lampuuk

Wsiata Keluarga Aceh

Kondisi pantai Lampuuk saat liburan tiba

Siapa yang tidak mengenal keindahan pantai Lampuuk yang terletak di daerah Lhoknga ini? Namanya sudah terlalu fenomenal di kalangan masyarakat Banda Aceh dan juga di kalangan wisatawan yang mengunjungi Aceh. Berjarak 12,5 kilometer dari Kota Banda Aceh, membuat pantai ini menjadi favorit untuk dijadikan sebagai wisata keluarga saat weekend tiba. Hanya menghabiskan waktu sekitar 32 menit dengan menggunakan kendaraan umum untuk bisa sampai ke pantai ini.

Wajar saja, pantai ini menawarkan banyak kelebihan yang mungkin belum dimiliki oleh kawasan pantai lainnya. Pantainya yang landai, dengan pasir putih yang membentang luas dan air laut yang berwarna biru kehijauan. Belum lagi pemandangan bukit di seberang laut menambah keindahan dari Pantai Lampuuk ini. Lebih serunya lagi, riakan gelombang yang kecil sangat mendukung keinginan para pengunjung untuk mandi dan memanjakan dirinya dengan pasir di pantai.

Wisata Keluarga Aceh

Ramainya masyarakat Aceh yang menghabiskan waktu liburnya di pantai Lampuuk.

Selain hanya berenang di laut, kamu dapat menghabiskan waktu di sini bersama keluarga dan temanmu dengan menaiki banana boat. Kamu akan diajak berputar di sepanjang pantai sambil dihempaskan ke laut di akhir perputaran banana boat. Tidak usah takut, bagi kamu yang tidak bisa berenang, kamu bisa menyewa pelampung dan pastinya akan ada orang yang mengawasi kamu setiap kamu terjatuh dari banana boat.

Selain itu, kamu bisa menikmati pantai sambil duduk santai di pondok-pondok kuliner yang telah ada di sepanjang pantai. Pesanlah air kelapa dan ikan bakar untuk menambah kenikmatan berlibur bersama keluarga. Tidak usah khawatir, karena kualitas ikan bakar yang ada di pantai Lampuuk ini sudah terkenal juara di sekitaran Kota Banda Aceh ini.

Wisata Keluarga Aceh

Senja di pantai Lampuuk

Menjelang sore, habiskan waktumu di sini dengan bermain sepakbola ataupun voli bersama teman dan keluarga. Atau kalian bisa memilih untuk menyusuri bibir pantai sambil menikmati matahari yang terbenam dari sudut timur lautan. Ya, sunset di Lampuuk sangat indah dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk menikmati senja.

2. Pantai Pulo Kapuk Lhoknga

Pantai Pulo Kapuk berlokasi tidak jauh dari pantai Lampuuk, dan hanya berjarak sekitar 1-2 kilometer. Keberadaan pantai ini awalnya sudah ada sebelum Tsunami 2004 silam. Namun setelah Tsunami, pantai Pulo Kapuk benar-benar luluh lantak dan membentuk tematik pantai yang baru, yang berbeda dengan pantai sebelumnya. Namun yang sangat disyukuri, perubahan tematik pantai ini semakin indah, dengan banyaknya pantai baru, daratan hingga lautan yang semakin luas. Dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada di kawasan Lhoknga, pantai ini juga dikenal dengan banyaknya tumbuhan cemara laut yang menghiasi lautnya.

Wisata Keluarga Aceh

Banyak ayunan yang disediakan di kawasan pantai Pulo Kapuk ini

Banyak keluarga di Banda Aceh yang menghabiskan liburannya di sini, karena selain terkenal dengan pantai yang tenang, di pantai ini juga menyediakan beberapa sarana penunjang yang membuat anak-anak begitu nyaman bermain di pantai, seperti ayunan yang sengaja banyak disediakan oleh pengelola pantai  dan diikat di antara pohon-pohon cemara, gondola yang beraneka ragam, tempat-tempat kuliner dan lain sebagainya. Lokasi pantai ini juga cenderung sejuk, karena dilindungi oleh banyaknya pohonan cemara yang tumbuh di sekitaran pantai.

Wisata Keluarga Aceh

Anak-anak tampak senang bermain di pantai Pulo Kapuk ini.

3. Taman Tepi Laut

Berjarak sekitar lima kilometer dari pantai Lampuuk menuju ke arah Jalan Banda Aceh-Meulaboh, kamu akan disuguhi beberapa pemandangan yang sangat kontras, antara perbukitan jajaran Bukit Barisan di sebelah kiri jalan dan beberapa pantai di sebelah kanan jalan. Maka akan sampailah kamu di sebuah pantai yang sejuk, yang di kelilingi oleh banyaknya pohon cemara pantai yang tumbuh. Mungkin, bentuk dari pantai ini lebih ke perpaduan antara taman dan laut, sehingga dinamai Taman Tepi Laut.

Wisata Keluarga Aceh

Taman Tepi Laut

Pondok-pondok berjejeran dan saling berhadapan ke arah laut yang berhadapan langsung pada pabrik semen di ujung lautan. Selain sangat sejuk, di pantai ini banyak disediakan hamouk yang dapat dipergunakan para pengunjung untuk sekedar santai dan beristirahat. Anak-anak pun dapat bermain dan mandi di sekitaran pantai yang masih berdekatan dengan daratan. Namun, jangan sampai terlalu jauh karena tipe gelombang di pantai ini cenderung besar dan berkarang.

Wisata Keluarga Aceh

Anak-anak mandi di sekitaran kolam, dan tidak diperkenankan untuk mandi terlalu jauh.

Sayangnya kuliner yang disajikan di pantai ini hanya berasal dari satu tempat saja, karena di pantai ini para pedagang kuliner dilarang berjualan kecuali si empunya resort. Jika pun hendak menyewa pondok kuliner, kita harus bersedia untuk membayar harga sewa pondok dan wajib membeli makanan yang telah tersedia di sana sesuai dengan selera masing-masing. Namun untuk wisata keluarga setiap musim liburan, pantai ini menjadi salah satu dengan rekomendasi yang bagus.

Wisata Keluarga Aceh

Bersantai sejenak di atas hamouk.

4. Pantai Ulee Lheu

Pantai Ulee Lheu berjarak 5,9 kilometer dari pusat Kota banda Aceh, dan merupakan salah satu pantai tujuan wisata keluarga terbanyak selain pantai Lampuuk. Hampir setiap sore pantai ini ramai oleh pengunjung. Di pantai ini juga disediakan banyak fasilitas yang membuat anggota keluarga begitu nyaman menghabiskan sore dan hari liburnya. Laut Ulee Lheu yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dibatasi oleh beberapa tanggul yang dibangun setelah Tsunami, sehingga air laut yang berada di dalam tanggul masih sangat aman digunakan sebagai tempat untuk anak-anak berenang. Pun jika mau, kamu juga dapat berkeliling di sekitar tanggul dengan menggunakan gondola. Sangat nyaman bukan?

Wisata Keluarga Aceh

Ramainya masyarakat Aceh yang mengunjungi pantai Ulee Lheu di setiap sore.

Setiap sore, akan tampak tempat-tempat kuliner khas kaki lima yang berjualan di sekitar pantai. Mereka biasanya menjajakan jagung bakar, air kelapa, bakso goreng dan lain sebagainya.  Dagangan ala kaki lima ini berjejer sepanjang jalanan pantai hingga ke pintu masuk pelabuhan Ulee Lheu, dan menjadi tempat nongkrong favorit kaum muda di Banda Aceh. Namun setelah pukul 18.00 WIB, lokasi pantai ini ditutup sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah kota setempat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kegiatan-kegiatan yang melanggar syariat Islam.

Wisata Keluarga Aceh

Menikmati suasana pantai sambil menikmati sepiring jagung bakar

Jika berwisata ke pantai ini, kamu tidak hanya dapat menyaksikan keindahan pantai, namun juga wisata religi dan melihat beberapa bukti peninggalan Tsunami dari Mesjid Baiturrahim Ulee Lheu, serta dapat menatap Ulee Lheu dari ketinggian melalui puncak gedung mitigasi bencana yang juga berlokasi di Ulee Lheu. Nikmati juga senja di Ulee Lheu, karena di daerah ini menghadirkan nuansa senja yang berbeda dari banyak lokasi walaupun masih berada dalam satu kawasan.

Wisata Keluarga Aceh

Mesjid Baiturrahim Ulee Lheu dilihat dari ketinggian gedung TDMRC.

5. Pantai Pasir Putih Lhok Mee

Berbeda dengan keempat pantai lainnya, pantai Lhok Mee adalah satu pantai di Aceh Besar yang terletak lebih jauh (sekitar 35-40 kilometer dari Kota Banda Aceh) dan lebih ‘perawan’ karena berlokasi di pedesaan dan masih sangat asri. Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan oleh pantai ini, di antaranya adalah pantai yang sangat putih dan air laut yang cenderung biru kehijauan dengan banyaknya pohon yang tumbuh di tengah laut. Penarasan bukan?

Wisata Keluarga Aceh

Anak-anak bermain di pantai sambil dijaga oleh sang nenek.

Namun sayangnya, belum banyak pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai membuat kondisi pantai ini memang sangat panas. Walaupun sarana dan prasarana wisata di pantai ini belum sepenuhnya memadai, tidak menyurutkan niat dari para pengunjung untuk mendatangi pantai ini di setiap hari libur.  Di sini belum didapatkan adanya gondola-gondola ataupun banana boat seperti pada pantai-pantai lainnya. Namun anak-anak tentu saja dapat bermain dengan riangnya tanpa terpengaruh dengan fasilitas-fasilitas yang belum dimiliki oleh pantai ini. Bahkan menikmati sepiring mie instan tanpa ikan bakar pun terasa lebih nikmat jika nuansa pantainya seperti ini.

Wisata Keluarga Aceh

Mie instan rasa pantai.

Jikapun lelah, di sekitaran pantai sudah tersedia beberapa tempat duduk yang bersandarkan langsung pada batang pohon kayu. Keindahan pantai Lhok Mee akan lebih terlihat cantik, apalagi jika didukung dengan cuaca dan langit yang cerah. Bermain layangan sambil berkejaran di sepanjang pantai, ataupun menghabiskan waktu sambil membangun istana pasir di sini mungkin menjadi salah satu aktifitas terbaik yang dapat kita lakukan di pantai ini. Silahkan mencoba.

Wisata Keluarga Aceh

Kita tidak sedang di Korea Selatan, tapi ini di pantai Lhok Mee, Aceh Besar

Demikianlah 5 pantai di sekitaran Aceh Besar dan Banda Aceh yang dapat kamu pilih sebagai destinasi wisata keluarga di hari libur. Setidaknya, kelima pantai ini tidak akan membuatmu menyesal setelah berkunjung ke sana dan akan meninggalkan kesan yang menyenangkan bersama keluarga.



About

Pengejar Senja, Langit dan Laut.


'Weekend? Ajak Keluargamu ke 5 Pantai Aceh Ini' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool