lima oleh-oleh khas Aceh yang kekinian

Lima Produk Kekinian Ini Wajib Kamu Beli Sebagai Oleh-Oleh Khas Aceh

Berkunjung ke Aceh rasanya kurang sempurna jika kamu tidak menyempatkan diri untuk berbelanja oleh-oleh khas Aceh yang dapat kamu hadiahi bagi kerabat dekatmu. Mungkin dulu, kamu terjebak dengan oleh-oleh mainstream yang banyak tersedia di pasaran. Sebut saja beberapa produk souvenir Aceh, seperti dompet, tas, ransel, atau barang lainnya. Jika kamu bosan dengan barang-barang tersebut, tidak salahnya untuk mencari dan membeli beberapa oleh-oleh khas Aceh yang lebih kekinian. Selain produknya lebih fresh, sebagian barang-barang ini juga terkesan lebih elegan.

 

  1. Baju Piyoh

Kalau di Jogja ada Dagadu, di Jambi ada Jakoz, di Bali punya joger, di Aceh kamu bisa juga memiliki T-Shirt lucu khas Aceh dengan desain lebih kekinian dan bergaya muda. Koleksi T-Shirt ini bisa kamu jumpai di outlet Piyoh yang berada di kawasan Peunayong, Ulee Kareng di Kota Banda Aceh. Selain itu, T-Shirt Piyoh dapat juga kamu beli dan temui di Kota Sabang. Desain yang ditawarkan sangat menarik dengan warna yang cenderung lebih cerah. Umumnya desain-desain Piyoh mengusung tema keacehan, seperti Masjid Raya Baiturahman, PLTD Apung, Museum Tsunami, kopi, hingga keindahan alam bawah laut Sabang. Harga yang dibandrol pun terbilang murah berkisar Rp. 80 ribu per bajunya. Selain T-Shirt, di Piyoh juga dijual beberapa oleh-oleh khas Aceh lainnya, seperti gantungan kunci, stiker, jaket, dan beberapa produk fashion.

 

 

  1. Ija Kroeng

Ija Kroeng merupakan salah satu produk khas Aceh yang melejit beberapa tahun belakangan ini. Ija Kroeng berarti kain sarung, tetapi desainnya sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan kain sarung yang banyak beredar di pasaran. Kalau umumnya kain sarung bercorak kotak-kotak dan bergaris-garis, berbeda dengan desain Ija Kroeng. Kain sarung yang merupakan home made ini menjual keunikan sekaligus kualitas bahan. Kain sarung hanya terdiri dari satu warna netral, seperti putih, hijau, merah atau hitam. Di sudut kain terdapat sentuhan warna emas dan motif gayo yang membuat Ija Kroeng semakin elegan. Selain kain sarung, Ija Kroeng juga menawarkan beberapa oleh-oleh khas Aceh lainnya seperti goodie bag, syal, dan kaos.

 

 

oleh-oleh khas Aceh

Ija Kroeng salah satu oleh-oleh khas Aceh (sumber: www.google.com)

 

 

  1. Minyeuk Pret

Kamu yang suka dengan aroma bunga seulanga, meulu atau kopi Aceh, tidak salahnya untuk memiliki Minyeuk Pret yang merupakan parfum asli dari Aceh. Produk lokal Aceh ini hadir pada tahun 2015 lalu. Produk ini juga diklaim sebagai pelopor dan inovator industri parfum branded di Aceh. Minyeuk Pret memiliki aroma khas dan mampu bertahan lama. Wanginya juga tidak menyengat. Cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Aceh bagi kerabat dekat.

 

 

oleh-oleh khas Aceh

Minyeuk Pret parfum dari Aceh (sumber: www.tribunenews.com)

 

 

  1. Kupi Brownies Aceh

Nah, jika kamu pencinta makanan tidak salahnya memasukkan Kupi Brownies Aceh sebagai oleh-oleh perjalananmu nanti. Berbeda dengan brownies kebanyakan yang mengandalkan rasa coklat, Kupi Brownies Aceh mengandalkan cita rasa kopi dengan beragam toping di atasnya. Brownies ini bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Aceh selain beberapa makanan khas Aceh lainnya, seperti kue bhoi, kue karah, bakpia Sabang, hingga dodol Aceh.

 

oleh-oleh khas Aceh

Kupi Brownies Aceh yang diincar para wisatawan (sumber: www.google.com)

 

 

Saatnya jalan-jalan hemat! Ambil promo menarik: tour murah Indonesia dan cari hotel murah. Jangan lupa ambil promo diskon-nya juga ya!

 

  1. Alubu Food, Bumbu Mie Aceh

Nggak bisa dipungkiri mie Aceh adalah salah satu kuliner Aceh yang paling banyak diburu wisatawan, mungkin kamu juga salah satunya. Cita rasa kuat dari bumbu tradisional Aceh memberikan sajian yang mampu menggoyang lidah. Nah, bagi kamu yang ingin memproduksi mie Aceh di rumah nggak perlu harus repot-repot mengolah semua bahannya. Saat ini, salah satu produk lokal Aceh yang lagi hits adalah Alubu Food. Produk ini mengolah bumbu mie Aceh dalam bentuk kemasan sehingga mudah digunakan oleh siapa saja. Berbahan dasar cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, dan beberapa rempah lainnya, Alubu Food mampu bertahan seminggu dalam suhu ruangan atau bertahan sebulan dalam lemari pendingin. Pengolahannya dikemas dalam dua pilihan; dalam bentuk sachet dan botol. Harganya pun terbilang murah berkisar Rp. 10 ribu-Rp. 35 ribu.

 

oleh-oleh khas Aceh

Alubu Food, oleh-oleh khas Aceh (sumber: www.ferhatt.com)

 

Nah, itulah lima produk lokal kekinian yang dapat kamu jadikan oleh-oleh khas Aceh. Produk ini dapat kamu temui di beberapa swalayan atau di outletnya langsung. Selain harganya murah, kualitasnya pun terjamin.

 



About

Hobi menulis. Tukang koleksi buku. Penulis serial "Teller Sampai Teler" (Elexmedia 2014). Follow twitter @ferhatmuchtar email; ferhattferhat@gmail.com Baca tulisan lainnya di www.ferhatt.com (kunjungi yaa)


'Lima Produk Kekinian Ini Wajib Kamu Beli Sebagai Oleh-Oleh Khas Aceh' have no comments

Be the first to comment this post!

Would you like to share your thoughts?

Your email address will not be published.

©2015 HelloAcehku.com a Part of Ezytravel.co.id Protected by Copyscape DMCA Takedown Notice Infringement Search Tool